Xenta OS 2.0 Dirilis, Distro Linux Elegan Siap Pakai untuk Penggunaan Harian

79

Xenta OS 2.0 Dirilis, Distro Linux Elegan Siap Pakai untuk Penggunaan Harian. Setelah sebelumnya salahsatu komunitas pengembang linux di Indonesia merilis Codernate 3.0, kali ini versi baru dari Xenta OS juga dirilis. Xenta OS sendiri juga dikembangkan oleh tim developer dari dalam negeri.

Xenta OS yang dirilis adalah vesi 2.0 yangmana merupakan sistem operasi jangka panjang atau LTS. Masih sama seperti rilisan awal, OS ini dikembangkan dari Linux Mint. Dan versi 2.0 ini berbasis Linux Mint 18.1.

Pembaruan Sistem

Banyak hal baru yang diperkenalkan Xenta OS di rilisan terbarunya. Untuk kernel sendiri yang terpasang adalah:

Kernel Linux Versi : 4.13.0-19 
Linux Image Extra Versi : 4.13.0-19
Kernel Linux Versi : 4.13.0-19 
Linux Firmware Versi: 1.157.21

Untuk desktop, Xenta OS masih konsisten dengan desktop Cinnamon. Cinnamon adalah lingkungan desktop resmi untuk Linux Mint. Cinnamon dibuat oleh pengembang Linux Mint. Pada Xenta OS versi Cinnamonnya telah di kostum dan disesuaikan untuk citra atau nuasana Xenta OS edisi Cinnamon. Xenta OS 2.0 sendiri menggunakan Cinnamon versi 3.6.6.

Penambahan Paket Baru

Ada beberapa paket baru yang diperkenalkan di rilisan terbaru ini. Di kategori Aksesoris ditambahkan Alldeb Manager. Di kategori Grafik ditambahkan Blender.

Untuk Office sendiri seluruh paket mulai dari KBBI-Qt, LibreOffice, LibreOffice Base, LibreOffice Calc, LibreOffice Draw, LibreOffice Impress, LibreOffice Math, serta LibreOffice Math sudah diupdate ke versi terbaru sehingga sudah siap pakai untuk penggunaan sehari hari.

Dukungan Komunitas

Telegram Group Chat
Xenta OS menyediakan group chat telegram sebagai grup diskusi resmi. Membahas Topik Berkaitan dengan Xenta OS, GNU/Linux, FOSS. Dalam Group mengadakan Kulgram (Kuliah Telegram) Gratis, Topiknya “Berkarya dan Berkreatifitas” .

  • Link: http://t.me/XentaOS

IRC Group Chat
Xenta OS menyediakan group chat IRC sebagai grup diskusi resmi. Membahas Topik Berkaitan dengan Xenta OS, GNU/Linux, FOSS.
Silahkan Gabung di IRC Chat , Melalui Aplikasi IRC Hexchat Sudah Disediakan dalam bawaaan Perangkat Lunak Xenta OS.

  • Server: irc.freenode.net
  • Channel: #xentaos

Perpustakaan E-Book
Perpustaan E-Book diperuntukan khususnya pengguan Xenta OS. Perpustaan E-Book ini merupakan Project oleh Tim Dokumentasi dari Xenta OS. Xenta OS Mission Dokumentasi “Menyediakan E-Book Semua Hal Tentang GNU/linux dan FLOSS secara Gratis.”

  • http://s.id/perpustakaanxentaos

Downlaod Xenta OS 2.0

Sistem Operasi : Xenta OS
Architectur : amd64 (64-Bit)
Kode Nama: Batik
Nomer Versi: 2.0 LTS
Edisi : Cinnamon

Download Linkhttps://goo.gl/AaqHwP

  • md5sum:64eaf2aaa364d3c0640faa61232d15db
  • sha1sum:85e522c474f11fea4ec7a4b67266d214808ac518

Untuk informasi lain mengenai apa saja yang baru di versi ini, bisa kalian cek langsung di website resmi Xenta OS di alamat berikut:

  • http://www.xentaos.com/2019/03/rilis-xenta-os-20-lts-batik-cinnamon.html

(yuyudhn/linuxsec)