Browser Edge for Linux akan Dirilis Bulan Oktober 2020

316

Beberapa waktu yang lalu sempat ramai wacana bahwa browser andalan Microsoft saat ini, yakni Microsoft Edge akan dibawa ke Linux. Dan setelah sekian lama kita tidak mendapatkan jadwal pasti kapan hal tersebut akan terlaksana akhirnya menemui titik terang.

Dalam posting blog Microsoft diungkapkan bahwa pengguna Linux akan dapat mengunduh versi pratinjau Edge for Linux mulai Oktober. Ini sesuai dengan planning mereka tahun lalu yang mengatakan akan merilis browser ini di Linux di 2020.

Baca Juga  5 Video Editor Open Source Terbaik untuk GNU/Linux

CEO Microsoft Satya Nadella menegaskan kembali rencana tersebut. Berbicara di Microsoft Ignite Live, dia berkata: “Kami akan menghadirkan Edge ke Linux bulan depan sehingga kita sekarang dapat menggunakannya di semua platform utama, termasuk Windows, macOS, iOS, Android, dan Linux.”

Nantinya installer Microsoft Edge for Linux akan bisa diunduh melalui situs Microsoft Edge Insiders dan akan mendukung pemaketan linux tradisional termasuk .rpm dan .deb.

Pengembang berencana untuk membuat setiap fitur Microsoft Edge tersedia di macOS dan Windows tersedia di port Linux. Namun, beberapa fitur (termasuk sinkronisasi, read alou, dan pembaruan diferensial) tidak akan tersedia di awal perilisan.

Baca Juga  Glibc 2.29 Dirilis dengan Banyak Optimasi dan Peningkatan Performa

Oke sekarang pertanyaannya, apakah kalian akan menggunakan browser tersebut jika sudah tersedia di Linux? Browser ini sendiri saat ini cukup menjanjikan dan saya pribadi lebh suka menggunakan browser ini di Windows 10. Secara performa juga diatas Google Chrome. (yuyudhn/linuxsec)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here