Microsoft Umumkan Browser Edge akan Tersedia di Linux

239

Microsoft Umumkan Browser Edge akan Tersedia di Linux. Spekulasi tentang Edge yang juga bakal tersedia di linux sebenarnya sudah diprediksi semenjak Microsoft memutuskan menggunakan Chromium sebagai base dari browser Edge miliknya.

Terlebih lagi Chromium memang merupakan base yang mendukung cross-platform. Beberapa browser yang berbasis Chromium seperti Google Chrome, Opera, Vivaldi, dll juga tersedia di GNU/Linux.

Microsoft sendiri dalam berbagai kesempatan sudah pernah mengatakan bahwa membawa Edge ke linux adalah sesuatu yang ingin mereka lakukan di masa mendatang. Mereka bahkan mengadakan survey terhadap pengguna tentang rencana membawa Edge ke linux.

Baca Juga  Paket Aplikasi Perkantoran Open Source ONLYOFFICE Kini Tersedia di Flathub

Dan sekarang, sudah jelas bahwa Edge di linux bukan lagi sebuah prediksi belaka. Dalam sebuah sesi di konferensi Ignite 2019 di Orlando, AS, Microsoft mengatakan bahwa Edge untuk Linux akan keluar tahun depan.

Baca Juga  4 Video Player Terbaik untuk GNU/Linux

Untuk tanggal rilis Edge for Linux sendiri belum diketahui. Edge untuk Windows 10 dan MacOS versi stable akan dirilis pada 15 Januari 2020, dan untuk linux akan dilakukan sesudahnya.

Well, ini cukup menarik. Saya sendiri bukan fanboy yang akan menolak seluruh produk Microsoft. Dan jika suatu saat Edge rilis di Ubuntu saya pasti akan mencobanya. Bagaimana dengan kalian? (yuyudhn/linuxsec)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here