Cara Mengamankan Akun Media Sosial dari Serangan Hacker

415

Media sosial merupakan salah satu hal yang cukup penting di era digitalisasi seperti saat ini. beberapa media sosial populer Indonesia seperti Facebook Indonesia, TikTok Indonesia, whatsapp Indonesia, Instagram Indonesia, dan Twitter Indonesia di gemari oleh pada kaula muda.

Beberapa media sosial tersebut memiliki banyak pengguna aktif dengan jumlah yang fantastis. Ketika menggunakan media sosial, kamu harus membuat akun yang dipergunakan untuk login. Akun ini sangat penting karena sebagai kunci guna menikmati fasilitas tersebut.

Hal itu membuat kamu harus mengetahui cara mengamankan akun media sosial agar terhindar dari hacker. Serangan hacker ini amatlah berbahaya, akun milik kamu dapat dikuasai dan hacker dapat mengontrol seluruh aktifitas di media sosial. Berikut ini tips dalam mengamankan akun media sosial.

Cara Mengamankan Akun Media Sosial dari Hacker

Bagi kamu yang sedang mencari cara mengamankan akun facebook, cara mengamankan akun whatsapp, cara mengamankan akun line, cara mengamankan akun line, cara mengamankan akun instagram, cara mengamankan akun tik tok, cara mengamankan akun twitter, berikut ulasannya khusus untuk kamu.

Baca juga: cara mengembalikan kata sandi facebook yang diganti orang lewat hp

Menggunakan Password yang Sulit Ditebak

Facebook merupakan salah satu platform media sosial yang menjadi andalan tiap orang guna mengabadikan berbagai momen menarik di dalam kehidupanya. Facebook juga seringkali dipergunakan untuk menyimpan foto. Untuk itu maka langkah pengamanan harus dilakukan.

Baca Juga  Kelompok Peretas LuckyMouse Tandatangani Malware-nya dengan Sertifikat Perusahaan IT China

Salah satu cara mengamankan akun media sosial dari serangan hacker yang pertama yakni dengan menggunakan password yang sulit ditebak. Umumnya user mengabaikan hal ini karena dianggap password apapun tidak berpengaruh terhadap keamanan akun facebook.

Anggapan tersebut sangat salah besar karena apabila kamu menggunakan password yang umum maka kegiatan hacking akan mudah dilakukan. Untuk itu maka hindari penggunaan password umum seperti 123455, qwerty, nama kamu, tanggal lahir, iloveyou, maupun kata mainstream lainnya.

Mengkombinasikan angka dan huruf sangat dianjurkan untuk meningkatkan keamanan password. Selain itu cobalah untuk menambahkan ekstensi browser. Hal itu dilakukan untuk memeriksa apakah kata sandi yang dimasukkan termasuk ke dalam wordlist public ataupun tidak.

Jangan Klik Link Sembarangan

Cara mengamankan akun media sosial dari serangan hacker selanjutnya yakni dengan mengurangi untuk membuka link sembarangan. Tidak dapat dipungkiri bahwa kita seringkali tergoda langsung membuka link yang di kirimkan oleh orang lain baik di whatsapp, line, email, facebook, dan media sosial lainnya.

Namun, aktivitas tersebut haruslah segera dihindari karena kegiatan tersebut sungguh berbahaya. Link yang dikirimkan seseorang bisa jadi kegiatan phising. Link phising akan menggiring orang yang klik link tersebut untuk memasukkan user name dan email korban.

Ketika kamu memasukkan user name dan password maka tiap aktivitas akan tercatat dan tersimpan di server phising milik hacker. Oleh karena itu kamu harus berhati-hati akan link yang dikirimkan orang tidak dikenal. Selain link kamu juga harus menghindarkan download berkas, file, maupun gambar.

Baca Juga  OurMine Kembali Beraksi, Akun Twitter dan Instagram milik Facebook Diretas

File yang dikirimkan oleh orang lain bisa saja sudah di embed dengan malware. Ketika kamu mendownload file tersebut maka malware akan terinstall otomatis yang membuat perangkat korban mampu dikuasai oleh pelaku aktivitas hacking.

Hindari Pemakaian Aplikasi Pihak Ketiga Secara Berlebihan

Saat ini banyak sekali aplikasi pihak ketiga yang cukup menarik perhatian. Aplikasi tersebut berbentuk games seperti permainan tebak umur, tebak kepribadian, hingga tebak profesi menjadi sebuah hal yang cukup menyenangkan.

Namun umumnya aplikasi pihak ketiga tersebut membutuhkan login account. Aplikasi pihak ketiga biasanya meminta penggunanya untuk memasukkan akun media sosial. Bagi sebagian dari kamu mungkin hal tersebut tidak berbahaya namun jangan mengabaikan hal tersebut karena resikonya sungguh fatal. Untuk itu maka pilih aplikasi pihak ketiga secara cermat.

Gunakan Autentikasi Dua Faktor

Kamu juga bisa menggunakan autentikasi dua faktor. Hal itu dapat dilakukan dengan masuk menu settngs, masuk ke security kamu login, dan aktifkan use two factor authentication. Dengan mengaktifkan opsi tersebut maka aktivitas hackng dapat dikurangi.

Itulah beberapa cara mengamankan akun media sosial dari serangan hacker. Cara tersebut cukup praktis dan efisien menjaga password dari serangan hacker. Aktivitas hacking sungguh berbahaya bagi akun media sosial kamu. Oleh sebab itu lindungilah hal tersebut dengan cara di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here