Website KPU Kabupaten Pekalongan Disusupi Hacker

443

Website KPU Kabupaten Pekalongan Disusupi Hacker. Baru-baru ini seorang peretas atau hacker dengan codename Mr4NGG3R melakukan tindakan defacing ke website milik KPU Kabupaten Pekalongan.

Apa itu deface? Deface adalah teknik mengganti atau menyisipkan file pada server, teknik ini dapat dilakukan karena terdapat lubang pada sistem security yang ada di dalam sebuah aplikasi. Hal ini bertujuan untuk melakukan perubahan tampilan pada website korban dengan tampilan yang dimiliki oleh si defacer. Deface merupakan sebuah serangan yang dilakukan untuk mengganti visual dari sebuah website. Para hacker biasanya meninggalkan pesan dan nickname mereka agar hasil kerjanya diketahui oleh khalayak hacker. Pelaku peretasan deface sendiri dikenal dengan sebutan Defacer.

Baca Juga  Sempat Diretas, Laman Divhubinter Polri Tampilkan Sindiran Terhadap Pemerintah

Pelaku meretas website yang beralamat di kpu.pekalongankab.go.id. Ia meninggalkan jejak yang bisa dilihat di url kpu.pekalongankab.go.id/sibup/storage/.

Baca Juga  Peretas Bobol Subdomain Website Telkom Indonesia

Dari pesan yang ditinggalkan, sepertinya pelaku peretasan memang hanya iseng saja dan tidak ada motif khusus dalam aksinya tersebut.

Sampai saat ini belum ada perbaikan dari website KPU Kabupaten Pekalongan. Sepertinya admin website terkait belum sadar kalau ada yang berhasil masuk ke servernya secara ilegal.

Untuk arsip urlnya bisa diakses melalui link berikut:

  • https://web.archive.org/web/20210212145915/https://kpu.pekalongankab.go.id/sibup/storage/

(yuyudhn/linuxsec)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here