5 Video Editor Open Source Terbaik untuk GNU/Linux

991

Video Editor Open Source Terbaik untuk GNU/Linux. Dengan semakin berkembangnya GNU/Linux, kegunaannya pun mulai beragam. Dari yang sebelumnya hanya dikhususkan untuk server sekarang linux juga mulai dipakai sebagai sistem operasi harian. Bahkan beberapa distro linux didesain khusus untuk office. Tak terkecuali juga dengan multimedia. Banyak distro linux yang didesain khusus untuk keperluan multimedia.

Nah, membahas multimedia tentu salahsatunya adalah editing video. Software yang digunakan pun beragam. Di tutorial ini kita akan membahas daftar aplikasi video editor terbaik yang dapat kalian gunakan di GNU/Linux.

Kdenlive

Menempatkan Kdenlive di urutan pertama sepertinya tidak berlebihan. Kdenlive adalah software editing video open source yang cukup populer. Dan seperti yang kita ketahui bersama, semakin populer sebuah aplikasi/software, maka dukungan dari komunitas juga semakin tinggi.

Baca Juga  3 Download Manager Terbaik untuk GNU/Linux

Untuk keperluan professional editing, Kdenlive juga layak dicoba. Software ini memiliki fitur yang cukup lengkap mulai dari efek dan juga transisi.

Website: https://kdenlive.org/en/

OpenShot

Selanjutnya ada OpenShot. Software editing video opensource ini juga cukup populer. Keunggulannya adalah menu yang simple sehingga tidak membuat bingung pengguna.

Untuk keperluan editing dasar seperti memotong video ataupun memberi efek pada video, OpenShot layak untuk dicoba.

Website: https://www.openshot.org/

Shotcut

Untuk masalah kepopuleran dan juga masalah fitur, Shotcut bisa bersaing di level Kdenlive dan Openshot. Software ini juga open source. Software ini juga mendukung resolusi hingga 4K.

Website: https://www.shotcut.org/

Blender

Blender adalah aplikasi editing open source yang banyak digunakan di level profesional dan industri. Software ini cukup populer dan bahkan dipercaya oleh beberapa industri film di Hollywood, contohnya Spider-man.

Baca Juga  4 Video Player Terbaik untuk GNU/Linux

Blender sebenarnya lebih dikhususkan untuk pengerjaan 3D. Namun untuk urusan editing video, Blender juga cukup powerful. Atau jika hanya untuk masalah editing dasar, software ini bisa dibilang terlalu overkill.

Website: https://www.blender.org/

Flowblade

Flowblade adalah software Non-linear Editing (NLE) untuk linux. Seperti empat diatas, Flowblade juga merupakan software open source. Software editing ini juga memiliki tampilan yang cukup modern dan enak dilihat.

Dikembangkan dengan bahasa Python, Flowblade memang ditujukan agak menjadi software editing yang ringan dan stabil. Flowblade sendiri juga mendukung banyak format video serta audio.

Website: https://jliljebl.github.io/flowblade/

Well, mungkin itulah 5 video editor open source terbaik yang bisa kalian coba di GNU/Linux. Ada saran lain? Silahkan tinggalkan komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here