6 Distro Linux Terbaik untuk Gaming

931

Distro Linux Terbaik untuk Gaming. Distribusi Linux terus berkembang. Bukan hanya untuk kebutuhan server, saat ini sudah banyak distro yang dikhususkan untuk pemakaian harian seperti keperluan office, multimedia, dll. Tak terkecuali dengan gaming. Pihak pengembang maupun komunitas terus berusaha untuk menarik minat para gamer agar mau bermigrasi ke GNU/Linux dengan menghadirkan fitur-fitur keren maupun optimasi di GNU/Linux agar lebih optimal dan nyaman dipakai untuk keperluan gaming.

Nah di artikel kali ini saya akan sharing beberapa distro Linux yang memang sudah dioptimasi dan dikhususkan untuk keperluan gaming.

SteamOS

Yang pertama tentu saja adalah SteamOS. SteamOS adalah sistem operasi turunan Debian yang dikembangkan oleh Valve. Distro gaming satu ini memang ditujukan untuk menjalankan game yang tersedia di Steam Store.

Meskipun sistem operasi ini merupakan turunan Debian namun tidak semua aplikasi yang ada didalamnya merupakan aplikasi open source. SteamOS dilengkapi dengan Steam Client yang merupakan software proprietary. Beberapa driver pihak ketiga juga ditambahkan untuk mengoptimalkan kinerja OS ini.

Website: https://store.steampowered.com/steamos/

Ubuntu GamePack

Ubuntu GamePack adalah distro berbasis Ubuntu yang sudah dioptimasi untuk kebutuhan gaming. Distro ini sudah dilengkapi dengan software Play on Linux, Wine, Steam, Lutris, dan beberapa aplikasi pendukung kegiatan gaming lainnya.

Baca Juga  Jadwal Perilisan Ubuntu 19.10 dan Fitur yang Ditunggu-tunggu

Website: https://ualinux.com/en/ubuntu-gamepack

Game Drift Linux

Game Drift Linux adalah distro yang diciptakan untuk memberikan kalian pengalaman terbaik saat menggunakan linux untuk kegiatan gaming. Distro turunan Ubuntu ini sudah dioptimasi agar bisa menjalankan game-game populer di Windows maupun Linux.

Distro ini juga memiliki Game Store sendiri yang menyediakan bermacam-macam game open source maupun berbayar. Untuk menjalankan game Windows, distro ini menggunakan teknologi CrossOver. Kalian bisa memainkan lebih dari 1200 game Windows di Game Drift Linux. Hanya saja CrossOver sendiri merupakan software berlisensi dan kalian harus membeli key untuk menggunakannya.

Website: http://gamedrift.org/obsolete/

SparkyLinux GameOver

SparkyLinux GameOver Edition hadir dengan tool khusus bernama APTus Gamer. Ini fitur untuk memudahkan berbagai emulator dan tool lainnya untuk gamer. Sejumlah besar game open source juga sudah terpasang secara default di distro ini. Selain itu, SparkyLinux GameOver Edition juga dilengkapi dengan Steam Client. Untuk memainkan game Windows, OS ini juga sudah terinstall Wine dan PlayOnLinux.

Baca Juga  8 Tool yang Wajib Diketahui oleh Pegiat Cyber Security

Website: https://sparkylinux.org/tag/gameover/

mGAMe

mGAMe atau Manjaro Gaming adalah distro gaming yang merupakan turunan dari Manjaro. Distro ini sudah dilengkapi dengan Wine, Play on Linux, Lutris, Freeware Games, Minecraft, serta Steam Client. Distro ini bisa dibilang relatif baru, namun jika kalian adalah pengguna Manjaro ataupun Arch, distro gaming satu ini layak dicoba.

Website: https://sourceforge.net/projects/mgame/

Lakka Linux

Berbeda dari distro yang sudah kita bahas sebelumnya, Lakka Linux adalah distro yang memang ditujukan untuk mengubah komputermu menjadi konsol gaming. Semua emulator yang ada di distro ini sudah dioptimalkan agar Lakka OS mampu menjalankan game lebih lancar daripada emulator normal. Sebagian besar game membutuhkan resource yang tidak terlalu besar, kecuali untuk game Playstation atau Xbox. Fitur-fitur utama Lakka OS adalah multiplayer, savestate, shader, netplay, rewind, dan dukungan untuk joypad nirkabel.

Website: http://www.lakka.tv/

Oke mungkin itu daftar distro gaming yang bisa kalian coba. Mana yang sudah kalian coba? tulis pengalaman kalian di kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here