9 Text Editor GUI Terbaik untuk Linux

149

Text Editor GUI Terbaik. Oke kali ini kita akan membahas mengenai text editor GUI yang bisa kalian coba di sistem operasi linux. Text editor ini akan sangat membantu jika kalian adalah seorang programmer yang tiap hari berurusan dengan code. Kesampingkan fakta bahwa Vim adalah text editor terbaik di GNU/Linux, yang akan kita bahas disini adalah text editor GUI.

Leafpad

Leafpad adalah salahsatu text editor yang paling sering saya gunakan.Text editor yang ringan ini memiliki fitur yang terbatas namun cukup handal untuk melakukan pekerjaan ringan.

Mousepad

Mousepad memiliki tampilan yang lebih modern dibandingkan dengan leafpad. Text editor ringan ini merupakan text editor bawaan dari XFCE. Jika kalian menggunakan desktop XFCE biasanya sudah terinstall Mousepad didalamnya.

Baca Juga  5 Distro Terbaik untuk Kegiatan Ethical Hacking dan Penetration Testing

Kate

Kate adalah text editor GUI bawaan dari desktop KDE. Text editor ini memiliki banyak sekali fitur didalamnya.

Gedit

Gedit juga merupakan text editor yang cukup handal. Memiliki banyak plugin yang tersedia. Text editor satu ini merupakan text editor bawaan Gnome.

Geany

Geany lebih dari sekedar text editor namun juga IDE. Merupakan IDE yang cukup ringan dan bisa dipasang di GNU/Linux.

Sublime Text

Siapa yang tidak kenal Sublime Text. Text editor ini banyak digunakan bukan hanya oleh pengguna linux namun juga pengguna Windows. Untuk tutorial pemasangan Sublime Text kalian bisa baca disini:

Baca Juga  10 Distro Linux Rolling Release Terbaik yang Patut Dicoba

Cara Install Sublime Text di Ubuntu, Linux Mint, Debian, dan Kali Linux

Visual Studio Code

Visual Studio Code adalah editor yang tersedia di Windows, macOS maupun Linux. Saat Microsoft merilis IDE ini untuk GNU/Linux, jujur saya memang langsung jatuh hati dengan vscode. Selain tampilannya yang lebih elegan dibanding Atom, fitur-fiturnya juga lengkap.

Cara Mudah Install Visual Studio Code di Kali Linux

GNU Emacs

Emacs atau GNU Emacs adalah aplikasi teks editor open source dengan fitur yang super lengkap dan pengoperasian yang mudah.

Atom

Atom adalah text editor modern buatan GitHub. Sejak kemunculannya pertama kali, text editor ini langsung mencuri perhatian para penggiat open source.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here