5 Distro Linux yang Cocok untuk Pemula

431

Distro Linux yang Cocok untuk Pemula. Ada banyak varian distribusi linux yang bisa dicoba mungkin bisa menjadi keuntungan bagi sebagian orang karena mereka memiliki banyak opsi atau pilihan yang bisa dicoba. Namun bagi beberapa orang hal tersebut malah kadang membuat bingung terutama bagi para pemula ataupun yang baru berencana untuk bermigrasi dari Windows ke GNU/Linux.

Nah di artikel ini saya akan merangkum beberapa distribusi linux yang bisa dicoba oleh pemula. Dan tentunya yang akan kita bahas disini adalah distro untuk Desktop, bukan untuk keperluan server.

1. Ubuntu

Jika kalian bertanya di forum GNU/Linux distro apakah yang cocok untuk pemula, pasti mayoritas akan menyarankan kalian untuk menginstall Ubuntu (dan juga turunan Ubuntu). Hal ini bukan tanpa alasan. Ubuntu merupakan sistem operasi yang secara interface sangat user friendly, bahkan akan membuat pengguna Windows sekalipun terasa familiar. Secara UX juga tidak membingungkan, menu-menu nya jelas.

Alasan kedua untuk memilih distro yang cocok untuk pemula adalah kepopuleran. Karena Ubuntu merupakan sistem operasi yang cukup populer maka dukungan komunitas juga lebih besar. Topik-topik seputar problem dari orang awam yang baru mengenal GNU/Linux sekalipun akan mudah ditemukan di forum internet. Jadi jika kalian sendiri masih “buta” dengan sistem operasi linux, jangan langsung pakai OS yang kurang populer demi biar disebut anti mainstream karena ketika ada masalah kalian sendiri yang akan kerepotan.

Baca Juga  Sistem Operasi Codernate v3.0 Dirilis, Semarakkan Geliat Open Source di Indonesia

Saking populernya Ubuntu, ada banyak varian turunan Ubuntu. Ada juga turunan utama Ubuntu yang menggunakan desktop berbeda-beda seperti Kubuntu yang menggunakan KDE Plasma, Xubuntu yang menggunakan XFCE, Lubuntu yang menggunakan LXDE, dll. Bahkan cikal bakal Kali Linux yakni BackTrack juga merupakan turunan Ubuntu. Satu lagi turunan Ubuntu yang cukup populer adalah Linux Mint.

Website: https://ubuntu.com/

2. Linux Mint

Distro berbasis Debian dan Ubuntu ini juga menjadi salahsatu distro yang cukup populer. Bahkan menurut data di DistroWatch (saat artikel ini ditulis) kepopulerannya mengalahkan Ubuntu dan Debian.

Distro ini sangat cocok untuk pemula karena tampilannya yang tidak membuat bingung serta cara installnya yang mudah. Dan sekali lagi, kepopuleran distro ini juga membuat dukungan dari komunitas pengguna Linux Mint sangat besar. Jadi jika kamu masih awam dengan GNU/Linux, tidak perlu ragu untuk mencoba Linux Mint karena saat terjadi masalah atau error jawaban jawaban yang kalian cari kemungkinan besar bisa ditemukan di forum forum internet.

Website: https://linuxmint.com/

3. Manjaro

Alasan saya memasukkan Manjaro disini bukan tanpa alasan. Distro ini menawarkan pengalaman luar biasa dari sistem operasi Arch Linux namun lebih user friendly karena Manjaro menyediakan graphical installer dan Desktop environment yang lumayan bervariasi. Jadi menginstall Manjaro berarti kalian bisa menikmati distro rolling release dan aplikasi melimpah di AUR. Distro ini juga cukup populer dan memiliki banyak pengguna.

Baca Juga  Pendiri Telegram Sarankan Uninstall WhatsApp

Website: https://manjaro.org/

4. Zorin OS

Zorin OS adalah distro turunan Ubuntu yang juga cocok untuk pemula. Tampilan dari Zorin OS sendiri memang dibuat mirip dengan Windows agar pemula ataupun mengguna yang baru migrasi dari Windows merasa familiar. Ya, distro ini memang dirancang untuk memperkenalkan GNU/Linux bagi orang awam ataupun pengguna baru yang menganggap GNU/Linux adalah OS yang susah.

Website: https://zorinos.com/

5. Elementary OS

Jika kalian mencari distro yang ramah untuk pemula dengan tampilan mirip MacOS, maka kalian harus coba Elementary OS. Distro turunan Ubuntu ini secara fungsi dibuat mirip dengan MacOS misalnya launcher aplikasi menggunakan dock yang terletak di bawah. Distro yang menggunakan DE Pantheon ini cukup stabil sehingga cocok digunakan untuk pemula.

Website: https://elementary.io/

Oke mungkin itu daftar distro linux yang cocok untuk pemula. Ada yang ingin ditambahkan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here