10 Distro Linux Rolling Release Terbaik yang Patut Dicoba

703

10 Distro Linux Rolling Release Terbaik yang Patut Dicoba. Salahsatu model rilisan distro linux adalah rolling release yang saat ini cukup populer dan memiliki banyak peminat. Beberapa orang mungkin merasa kesal jika harus menunggu update versi baru misal seperti Ubuntu yang baru akan menerima update minimal 6 bulan sekali. Nah, distro rolling release ini memungkinkan pengguna untuk segera mendapatkan update sesegera mungkin.

Menurut catatan Distrowatch sendiri saat ini ada banyak sekali distro dengan release model Rolling. Dan inilah 10 daftar distro rolling release yang patut dicoba.

1. Arch Linux

sumber: reddit.com

Jika kalian bingung dengan pilihan distro rolling release, mungkin kalian bisa mencoba Arch Linux. Dokumentasi distro ini lumayan lengkap, kalian bisa ceh Arch Wiki. Selain itu, di Arch juga disediakan Arch User Repository atau AUR dimana pengguna diperbolehkan untuk meng-compile dan mendistribusikan paket atau aplikasi yang tidak disediakan oleh developer. Hal ini membuat hampir seluruh paket aplikasi bisa ditemukan di AUR.

Website: http://www.archlinux.org/

2. Manjaro Linux

Manjaro merupakan distro linux turunan dari Arch. Distro ini juga merupakan rilisan model rolling release. Saat kalian menginstall Manjaro, pengguna akan mendapatkan setup yang mirip dengan Arch. Perbedaan paling mencolok adalah Manjaro menyediakan GUI installer, dan juga Manjaro bisa diinstall dengan DE. Desktop yang tersedia juga lumayan lengkap mulai dari KDE Plasma, MATE, XFCE, dll. Bisa dibilang Manjaro adalah pilihan bagi kalian yang ingin merasakan sistem operasi Arch namun terlalu malas berurusan dengan Arch yang hanya menyediakan CLI saja.

Website: https://manjaro.org/

3. Void Linux

Mungkin kalian masih belum familiar dengan disrto satu ini, namun distro ini cukup layak dicoba. Void Linux adalah distro yang cukup unik. Distribusi ini merupakan salah satu distribusi rolling release yang menerapkan sistem init runit alih-alih menggunakan sysv atau yang saat ini dipakai oleh banyak distro, systemd. Jadi buat kalian yang merasakan ketidakpuasan dengan systemd, Void Linux layak dicoba.

Website: https://www.voidlinux.org

4. Gentoo Linux

sumber: level1techs.com

Distro yang satu ini mungkin lebih cocok dipakai oleh para developer ataupun professional. Gentoo adalah distro Linux rolling release yang memakai paket sistem manajemen Portage. Manajemen paket ini dirancang untuk modular (mudah ditambah-tambah), portabel (dapat di port ke distro lain), mudah ditata, fleksibel, dan dioptimalkan untuk masing-masing komputer pengguna. Paket-paketnya biasanya dibangun dari kode sumber (source), walaupun untuk kenyamanan, sebagian besar paket perangkat lunak juga tersedia dalam bentuk binary.

Website: http://www.gentoo.org/

5. Solus

Distro ini bisa dibilang cukup langka dan unik. Berbeda dengan kebanyakan distro rolling release yang merilis paket secara “bleeding edge”, Solus memilih untuk memberikan pengguna mereka perangkat lunak yang fresh dan stabil sesegera mungkin. Konsep seperti ini membuat Solus menjadi salahsatu distro rolling release yang cukup banyak peminat dan cocok dipakai oleh pemula.

Website: https://getsol.us/

6. OpenSUSE Tumbleweed

Tumbleweed adalah versi rolling release dari OpenSUSE. Distro ini sangat cocok bagi kalian menyukai distro OpenSUSE namun tidak sabar jika harus menunggu lambatnya update versi Leap.

Website: http://www.opensuse.org/

7. EndeavourOS

EndeavourOS adalah distro rolling release turunan Arch Linux. Pengembangnya sendiri sudah berkomitmen untuk membuat distro ini ramah pengguna. Distro ini menggunakan desktop XFCE sebagai DE default.

Website: https://endeavouros.com/

8. Kali Linux

Kali Linux adalah distro yang cukup populer dengan klaim sebagai “most advanced operating system for hackers”. Distro yang berbasis Debian unstable ini juga merupakan distro rolling release yang memiliki cukup banyak pengguna.

Website: https://kali.org

9. Sabayon

Sabayon adalah distribusi Linux rolling release berbasis Gentoo yang dibuat oleh Fabio Erculiani dan Tim Pengembang Sabayon. Sabayon memiliki filosofi “Out of the box” dengan menyertakan berbagai jenis aplikasi yang sudah dikonfigurasi dan siap pakai untuk para pengguna sehingga bisa siap untuk digunakan. Sabayon tersedia dalam beberapa varian desktop antara lain KDE, GNOME dan XFCE.

Website: http://www.sabayon.org/

10. ArchBang Linux

Untuk urusan distro rolling release sepertinya Arch dan turunannya akan sangat mendominasi. Salahsatu lagi turunan Arch Linux yang patut dicoba adalah ArchBang Linux. ArchBang Linux adalah distribusi Linux rilis ringan sederhana berdasarkan sistem operasi Linux Arch minimal dengan jendela manajer Openbox. ArchBang sangat cocok untuk kinerja tinggi pada perangkat keras lama atau low-end dengan sumber daya terbatas.

Website: http://archbang.org/

Oe mungkin itu beberapa daftar distro linux rolling release terbaik yang bisa kalian coba. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa share ke teman-teman kalian agar mereka tau.