GNOME 3.32 Dirilis dengan Banyak Perbaikan, Peningkatan Kinerja, dan Fitur Baru

38

GNOME 3.32 Dirilis dengan Banyak Perbaikan, Peningkatan Kinerja, dan Fitur Baru. Versi terbaru dari GNOME 3 dirilis kemarin. Rilisan terbaru ini merupakan hasil kerja dari komunitas Gnome selama enam bulan dan mencakup banyak perbaikan, peningkatan kinerja, dan fitur-fitur baru.

Rilis ini menampilkan gaya visual baru mulai dari serangkaian ikon aplikasi yang sepenuhnya baru hingga peningkatan pada gaya antarmuka pengguna. Banyak warna dasar dari versi sebelumya yang dianggap terlalu membosankan dan membuat jenuh, sehingga di versi 3.32 ini diberi nuansa lain yang lebih jelas dan bersemangat. Tombol lebih bulat dan memiliki batas “shadow” yang lebih lembut. Switch tidak lagi menggunakan teks ON dan OFF yang eksplisit, melainkan menggunakan warna untuk menunjukkan status.

Ikon aplikasi mengalami banyak perubahan, menghasilkan seperangkat ikon yang indah dan juga pedoman yang disempurnakan untuk desainer ikon.

Rilis ini memperkenalkan fitur eksperimental “fractional scaling” untuk sesi desktop Wayland. Setelah diaktifkan, desktop pada resolusi tertentu dapat diskalakan dengan nilai non-integer (150%, 175%).

Selain itu, beberapa perbaikan pada struktur data di Desktop GNOME menyebabkan peningkatan frame rate yang nyata. Ini menghasilkan nuansa yang lebih cepat dan tajam pada animasi, ikon, dan panel “shell” diatas. Pencarian di banyak aplikasi GNOME juga lebih cepat sekarang, berkat peningkatan kinerja utama ke basis data pencarian GNOME.

Daftar lengkap fitur dan peningkatan ada di catatan rilis.

GNOME 3.32 menggunakan codename “Taipei”  untuk memperkenalkan GNOME.Asia Summit 2018, yang diadakan Agustus lalu di Taipei, Taiwan. (yuyudhn/lnuxsec)