Lubuntu akan Berhenti Sediakan Rilisan 32-Bit mulai Versi 19.04

Lubuntu akan Berhenti Sediakan Rilisan 32-Bit mulai Versi 19.04 – Developer Lubuntu mengumumkan bahwa Ubuntu dengan desktop LXDE/LXQt atau yang biasa disebut dengan Lubuntu tidak akan lagi menawarkan rilis x86 32-bit dimulai dari versi 19.04 mendatang.

Awal bulan Desember developer Xubuntu mengumumkan bahwa mereka tidak akan lagi menyediakan ISO i386 atau 32-bit yang menjadikan Lubuntu satu-satunya turunan Ubuntu utama yang masih menyediakan file ISO i386. Tapi pada tanggal 20 Desember 2018 kemarin, tim pengembang Lubuntu mengumumkan bahwa mereka juga berhenti menyediakan rilisan dengan ISO 32-bit.

Simon Quigley, salahsatu  pengembang Lubuntu melalui blog mengumumkan bahwa keputusan ini akan mulai berlaku di rilisan versi 19.04 mendatang. Sehingga nantinya semua rilisan Ubuntu dan turunannya hanya akan tersedia di versi 64-bit saja. Agak disayangkan memang ketika Ubuntu sendiri menjadi alternatif ketika laptop dan komputer tua yang sudah tidak mampu menjalankan sistem operasi Windows sehingga pengguna beralih ke Ubuntu namun pihak pengembang Ubuntu sendiri sudah mulai menghentikan dukungannya untuk arsitektur 32-bit.

Namun tidak perlu khawatir bagi yang sudah menginstall Lubuntu 18.04 LTS i386 karena dukungannya tetap akan tersedia hingga end of life-nya di April of 2021 mendatang. (yuyudhn/linuxsec)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here