Debian Berencana Hapus Paket Weboob karena Namanya Dianggap Vulgar

2

Debian Rencanakan Penghapusan Paket karena Namanya Dianggap Vulgar – Tim Anti-harassment Debian berencana menghapus paket dengan weboob karena namanya dianggap vulgar. Weboob sendiri adalah kependekan dari “Web Outside of Browser” yang merupakan kumpulan perangkat lunak open-source yang memungkinkan pengguna untuk “berinteraksi” dengan website tanpa membuka browser.

Di situs resmi weboob (weboob.org) sendiri sudah dijelaskan mengenai hal tersebut:

Weboob is a collection of applications able to interact with websites, without requiring the user to open them in a browser. It also provides well-defined APIs to talk to websites lacking one.

Weboob adalah aplikasi Python dan menawarkan antarmuka pengguna berbasis-Qt untuk mengakses berbagai modul untuk membaca data dari berbagai situs web di luar browser web konvensional apa pun. Tapi tetap saja meskipun memiliki fungsi dan fitur yang samasekali tidak berhubungan dengan seksualitas, nama dari aplikasi ini dipermasalahkan oleh tim Anti-harassment Debian karena dianggap terlalu vulgar.

Beberapa hari yang lalu note dari tim anti-harassment memang menyinggung hal tersebut:

We were requested to advice on the appropriateness of a certain package in the Debian archive. Our decision resulted in the package pending removal from the archive.

Weboob ditambahkan ke Debian pada tahun 2010. Beberapa bulan yang lalu masalah nama paket ini sempat dibahas karena memiliki referensi seksual dan itu bertentangan dengan Diversity Statement Debian.

Selama diskusi mengenai nama proyek, pernyataan berikut ditambahkan oleh pengelola paket:

Note from the Maintainer: This software, included binaries and maybe other content contain childish references to a specific women’s body part. Upstream refused to rename it. There is no diminishing or insulting message so I decided to keep it in the archive. You may nevertheless feel uncomfortable using this tool.

Tim Anti-harassment Debian memutuskan bahwa Weboob melanggar Kode Etik Debian. Mereka juga meminta penghapusan program dari arsip Debian atau melakukan patch/fork untuk menghapus nama/branding. Jika tidak, mereka mengatakan master Debian FTP harus menghapus paket secara sepihak.

Pimpinan Proyek Debian, Chris Lamb, pada tanggal 20 kemarin memang sudah meminta FTP master Debian agar menghapus paket weboob dari repository Debian. (yuyudhn/linuxsec)