Debian Stretch 9.7 Dirilis dengan Patch Keamanan pada APT

9

Debian Stretch 9.7 Dirilis dengan Patch Keamanan pada APT. Baru-baru ini ditemukan kerentanan yang mempengaruhi paket manajer APT di distro Debian, Ubuntu, dan turunannya. Kedua distro tersebut masing masing sudah menyediakan update paket APT yang berisi patch dari kerentanan yang dimaksud. Selain itu, pengembang Debian juga memasang patch ini pada rilisan Debian Stretch 9.7 sehingga pengguna yang menginstall versi tersebut sudah langsung emndapatkan versi APT yang aman.

Melalui postingan di situs resmi Debian, rilisan ketujuh dari Debian Stretch tersebut dimaksudkan untuk memastikan tidak ada kerentanan di sistem saat pengguna baru ingin menginstall Debian. Mereka juga menambahkan bahwa tidak ada pembaharuan lain selain patch APT pada versi Debian 9.7.

Upgrade Debian ke Versi 9.7

Bagi pengguna Debian yang ingin menginstall versi 9.7, tidak perlu mendownload ulang ISO debian. Cukup jalankan perintah upgrade saja agar sistem pemperbaharui paket ke versi terbaru. Jalankan perintah

sudo apt-get update && sudo apt-get dist-upgrade

Sementara bagi yang belum menginstall Debian, dan ingin mencobanya, kalian bisa mendownload Debian 9.7 di website resmi debian.org. (yuyudhn/linuxsec)