Sebut Al-Qur’an Open Source, Tifatul Sembiring Dibully Netizen

2071

Sebut Al-Qur’an Open Source, Tifatul Sembiring Dibully Netizen – Baru-baru ini salahsatu pernyataan Tifatul Sembiring membuatnya menjadi bully-an netizen. Melalui akun twitter nya, dia menyebut bahwa Al-Qur’an itu opensource.

Hal ini bermula ketika akun @tifsembiring membalas @yogipriatna tentang terjemahan Al-Qur’an. Tapi disini yang menjadi lucu ketika Tifatul Sembiring menulis

“Al-Qur’an itu kan open source mas Yogi, siapa saja bisa buka, kutip, jadikan dalil dsb. Dan dikutip sesuai aslinya, kok dibilang anti ke-Bhinnekaan ya. Ini bahasa Al-Qur’an mas, wahyu Allah swt. Bukan karangan manusia…”

Hal ini tentu menjadi permasalahan karena arti open source sendiri adalah sumber terbuka. Bukan sekedar free, open source berarti kita bisa mengubah sesuka hati. Hal ini tentu tidak berlaku bagi Al-Qur’an yang tidak akan pernah kita bisa mengotak atik isinya.

Baca Juga  Situs Ditjen Aplikasi Informatika Kominfo Sempat Dijahili Hacker

Menanggapi bully-an yang terus datang, Tifatul Sembiring akhirnya menjelaskan maksud open source yang dia tulis tidak berhubungan dengan IT. Namun opensource pada OSINT.

Tapi tetap saja itu kurang tepat. OSINT sendiri dibagi menjadi enam bagian termasuk media cetak, data komersil, blog, dll. Al-Qur’an seharusnya tidak dikategorikan ke open source karena memang benar benar terlalu “sakral”.

Baca Juga  Setelah Pemblokiran Tumblr, Akun Twitter Kominfo Diserang Netizen

Beberapa netizen berpendapat, mungkin jika “Al-Qur’an open source” ini keluar dr akun orang biasa yang tidak tau apa apa tentang IT akan dibiarkan/diabaikan. Yang menjadi permasalahan adalah yang membuat pernyataan tersebut adalah mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia. Hal ini tentu menjadi masalah ketika salahsatu orang yang “melek IT” malah tidak tau apa itu open source. Apalagi Tifatul Sembiring sebelumnya juga pernah menjadi bullyan netizen ketika masih menjabat menkominfo melalui pernyataannya “Internet cepat buat apa?”. (yuyudhn/linuxsec)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here