Situs Ditjen Aplikasi Informatika Kominfo Sempat Dijahili Hacker

Situs Ditjen Aplikasi Informatika Kominfo Sempat Dijahili Hacker – Hari ini (23/11/2018) menurut catatan di Zone-H situs Ditjen Aplikasi Informatika Kominfo nampaknya sempat dijahili hacker dengan kodenama LCR999X.

Pelaku tidak merusak halaman depan situs yang beralamat di aptika.kominfo.go.id tersebut. Pelaku hanya menambahkan artikel baru dan mengupload gambar disana.

Situs Ditjen Aplikasi Informatika Kominfo sendiri menggunakan CMS WordPress, dan jika dilihat dari cara pelaku untuk “meninggalkan jejak” di situs tersebut, nampaknya pelaku menggunakan teknik brute force untuk mendapatkan password dari username aptika dan setelah berhasil mendapatkan password valid situs tersebut, pelaku menambahkan artikel yang bisa diakses di alamat aptika.kominfo.go.id/2018/11/hacked/ .

Si peretas sendiri meninggalkan pesan yang seakan mempertanyakan kenapa salahsatu website Kominfo bisa begitu mudahnya diretas. berikut pesan yang ditinggalkan oleh LCR999X:

Hacked By LCR999X ~ JatimSEC
Security Cyber Art ~ Jatim Melawan Dunia
“What is SECURITY?”

Saat artikel ini dirilis, laman tersebut sudah dihapus. Kemungkinan admin situs terkait langsung tanggap karena situs tersebut juga aktif update artikel/informasi. Namun untuk mirror masih bisa kalian lihat di alamat berikut:

  • http://www.zone-h.org/mirror/id/31898167

Kasus peretasan web pemerintah seperti ini tentu menambah daftar situs situs dalam negeri yang menjadi target dari defacer tanah air. Semoga hal seperti ini menjadi perhatian bagi admin website pemerintahan lainnya. (yuyudhn/linuxsec)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here