Deface Portal Pemerintah Kab. Subang, Hacker Ubah Halaman Depan Situs dengan Puisi Galau

Deface Portal Pemerintah Kab. Subang, Hacker Ubah Halaman Depan Situs dengan Puisi Galau – Baru-baru ini “hacker galau” dengan codename RESIS-07 men-deface laman resmi Pemerintah Kab. Subang di alamat subang.go.id.

Uniknya, pelaku meinggalkan “puisi galau” yang cukup menyentuh di laman defacement nya. Peretas yang nampaknya berasal dari kelompok Tatsumi Crew tersebut memasang gambar karakter Misaka Mikoto dari serial anime Toaru Majutsu no Index. Selain itu, pelaku juga meninggalkan puisi berikut:

Teruntuk rasa yang beberapa kali salah tempat. Menyinggahi hati yang tak lagi tepat.
Padahal sering ku menyapu air mata sendiri, setelah terpisah untuk yang belum termiliki.
Pada pihak mana aku sekarang ini? Menyakiti atau tersakiti?
Sedang yang di maksud adalah bukan benar benar pemilik hati.
Ada rasa yang tak bisa terungkap dengan kata-kata.
Ketika takut kehilangan sesuatu yang belum didapatkan.

Nampaknya ini bukan pertamakali website Pemerintah Kabupaten Subang diretas. Menurut catatan Zone-H, pada bulan Maret 2018 website subang.go.id pernah diretas oleh Berandal dari OwnSquad.

Berandal sendiri merupakan kodenama dari defacer yang memang sering menargetkan situs situs pemerintahan untuk melakukan aksi protes terhadap isu ataupun kebijakan yang dianggap merugikan. Dia pernah meretas website Pengadilan Negeri di Bali untuk menyuarakan penolakan terhadap reklamasi.

Sampai saat ini situs subang.go.id masih dalam keadaan ter-deface. Belum ada perbaikan dari admin situs terkait. (yuyudhn/linuxsec)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here