Situs Tempat Jual Beli Server Ilegal xDedic Dibekukan FBI

100

Situs Tempat Jual Beli Server Ilegal xDedic Dibekukan FBI. Baru-baru ini FBI bersama dengan otoritas dari beberapa negara Eropa membekukan domain dan server xDedic, marketplace dimana para penjahat dunia maya melakukan transaksi jual beli server ilegal. DIsebut ilegal karena yang dijual disana adalah server yang didapatkan dengan membobol akses milik orang lain (hacked server). Selain itu, FBI juga mengamankan tiga tersangka pengelola website tersebut di Ukraina.

Situs ini sebenarnya sudah beroperasi sejak 2014, dan menjadi booming ketika Kaspersky membuat laporan tentang layanan ilegal ini pada 2016. Menurut laporan Kaspersky yang dijual di marketplace tersebut adalah server ilegal, biasanya berupa akun RDP.

Menurut laporan Flashpoint pada 2017 jumlah server yang dijual di situs tersebut mencapat 85rb server, dengan harga termurah adalah $6. Server yang dijual disana meliputi server yang berlokasi diseluruh dunia, meliputi server infrastruktur pemerintah lokal, negara bagian, dan federal, rumah sakit, layanan darurat,universitas, dan masih banyak lagi.

Setelah banyaknya laporan dan artikel di media, xDedic sendiri memutuskan untuk lebih tertutup dengan membatasi registrasi pengguna serta memirorkan situs webnya ke jaringan TOR (deepweb), untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu domain situs utama mereka disuspend oleh pihak berwenang.

Namun dalam siaran pers Europol dan FBI, pihak berwenang mengumumkan bahwa mereka telah mengambil domain dan server, membekukan situs dan mendapatkan akses ke daftar pelanggannya.

Pihak berwenang mengatakan mereka membongkar infrastruktur situs, yang berlokasi di Belgia dan Ukraina. Polisi Ukraina juga mengumumkan penangkapan tiga tersangka. Selain penegakan hukum di AS, Belgia, dan Ukraina, otoritas Jerman juga membantu penyelidikan. Internal Revenue Service (IRS) juga terlibat dalam pembekuan situs tersebut.

Pihak berwenang memperkirakan peredaran “uang panas” di xDedic sendiri mencapai lebih dari $68.000.000.