Distro Hacking Parrot 4.5 Dirilis, Dukungan untuk 32-Bit Dihentikan

Distro Hacking Parrot 4.5 Dirilis, Dukungan untuk 32-Bit Dihentikan. Nampaknya mulai banyak distro linux yang menghentikan dukungannya untuk arsitektur 32-bit. Setelah sebelumnya secara mengejutkan Lubuntu yang menjadi turunan utama dari distro Ubuntu menghentikan dukungannya untuk versi 32bit di versi mendatang, kali ini Parrot, distro hacking yang dikembangkan dari Debian Testing juga melakukan hal yang sama.

Baru-baru ini pengembang merilis Parrot 4.5 yang menggunakan kernel dengan dukungan jangka panjang kernel Linux 4.19, serta mempersiapkan proyek untuk rilis Parrot 5.0 LTS mendatang. Untuk rilis di masa mendatang, Parrot Security berencana untuk mendukung dua kernel, kernel stabil dan kernel testing.

Parrot 4.5 juga sudah dilengkapi dengan framework Metasploit versi terbaru yakni Metasploit 5.0 yang memperkenalkan fitur unggulan antara lain modul evasion yang baru, daemon json-rpc, layanan web terintegrasi, dan dukungan untuk menulis kode shell dengan bahasa C.

Rilisan terbaru ini juga terdapat peningkatan dalam metapackage untuk pengembang, membuat kita jauh lebih mudah untuk mengatur lingkungan pengembangan lanjutan untuk banyak framework dan bahasa pemrograman. Ini termasuk parrot-devel, parrot-devel-tools, dan parrot-devel-extra.

Di sisi lain, pengembang Parrot 4.5 mengumumkan bahwa mereka sudah menghentikan dukungan untuk hardware tua, komputer 32-bit . Dengan ini, Parrot bergabung dengan tren pertumbuhan distribusi GNU/Linux yang mulai menghentikan pengembangan image 32-bit. Namun, para pengembang menambahkan bahwa mereka akan terus mendukung arsitektur 32-bit dengan pembaruan melalui repositori perangkat lunak resmi bagi pengguna Parrot versi sebelumnya.

Bagi yang tertarik bisa langsung download di website resmi Parrot Security. Selain ISO untuk instalasi di harddisk, pengembang juga menyediakan format OVA yang dapat diimport ke VirtualBox, QEMU, seria VMWare. (yuyudhn/linuxsec)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here