Setelah Dikembangkan selama 15 Tahun, Inkscape 1.0 kini Tersedia untuk Publik

Setelah Dikembangkan selama 15 Tahun, Inkscape 1.0 kini Tersedia untuk Publik. Sungguh penantian yang lama. Setelah dikembangkan selama 15 tahun terakhir, editor grafis dan vektor open-source Inkscape akhirnya mencapai versi 1.0. Saat ini memang baru versi Alpha, namun aplikasinya sudah bisa dicoba oleh publik.

 

sumber: news.softpedia.com

Inkscape adalah editor grafis dan vektor yang berjalan pada sistem Linux, Mac, dan Windows yang dapat digunakan untuk membuat atau mengedit grafik vektor seperti logo, diagram, ilustrasi, dan grafik. Rilis awal Inkscape adalah pada tanggal 2 November 2003 dimulai dari versi 0.23. Inkscape sendiri merupakan hasil fork dari Sodipodi, perangkat lunak desain grafis vektor yang pengembagannya dihentikan pada tahun 2004.

InkScape 1.0 adalah major release yang sudah lama diharapkan oleh semua penggemar perangkat lunak open source, yangmana setelah penantian selama 15 tahun harapan tersebut terkabulkan.

Beberapa fitur utama di InkScape 1.0 sendiri antara lain antarmuka pengguna yang diperbarui dan menawarkan dukungan yang lebih baik untuk layar 4K/HiDPI, kemampuan untuk rotate dan mirror canvases, opsi baru untuk mengekspor ke format gambar PNG, font variabel, serta operasi path yang jauh lebih cepat dibanding versi sebelumnya.

Versi Alpha dari Inkscape 1.0 Sudah Tersedia

Di antara banyaknya perubahan dai fitur baru di rilis Inkscape 1.0, mungkin yang paling menarik adalah kemampuan untuk mengontrol lebar PowerStroke dengan sentuhan pada tablet, dukungan untuk fillet/chamfer LPE dan operasi boolean lossless LPE, dan penempatan Origin opsional di sudut kiri atas jendela.

Versi prarilis alpha dari Inkscape 1.0 sekarang tersedia untuk diunduh. Untuk Linux sendiri sudah tersedia AppImage yang siap dipakai. Pengembangnya sendiri sudah mengkonfirmasi bahwa versi alpha ini berjalan di Ubuntu versi lawas 12.04. Untuk pengguna Windows dan Mac kalian harus compile terlebih dahulu dari sourcenya. Rincian lebih lanjut tentang perubahan yang ada di Inkscape 1.0 dapat kalian lihat draft catatan rilis di sini. (yuyudhn/linuxsec)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here