Radio Player Shortwave Dapatkan Perilisan Versi Beta Pertamanya

44

Radio Player Shortwave Dapatkan Perilisan Versi Beta Pertamanya. Shortwave, radio player suksesor Gradio, akhirnya mendapatkan rilis versi beta pertamanya. Shortwave adalah internet radio player ditulis dalam bahasa pemrograman Rust, serta menggunakan radio-browser.info sebagai basis data stasiun radionya.

Bagi yang belum tau, awalnya pengembang Gradio ingin menulis ulang kode Gradio menggunakan Rust, tetapi kemudian memutuskan untuk memulai proyek baru bernama Shortwave. Perilisan Gradio dihentikan, tetapi jangan khawatir karena Shortwave akan menyertakan semua fitur penting yang ada di Gradio.

Dengan menggunakan Shortwave kalian dapat mencari stasiun radio Internet, mendengarkan, merekam lagu secara otomatis, dan bahkan melakukan streaming ke perangkat yang diaktifkan oleh Google Cast (Chromecast).

Untuk basis data stasiun radionya, Shortwave menggunakan radio-browser.info, yang mencakup lebih dari 25.000 stasiun radio. Karena banyaknya aksi vandalisme, mengedit stasiun radio saat ini tidak diijinkan di radio-browser.info, tetapi kalian dapat menambahkan stasiun baru. Perlu dicatat bahwa pengguna tidak dapat menambahkan stasiun radio langsung ke Shortwave.

Cara Install Shortwave

Untuk saat ini Shortwave tersedia versi beta dan dapat diinstall dari Flatpak. jalankan perintah berikut

flatpak install https://flathub.org/beta-repo/appstream/de.haeckerfelix.Shortwave.flatpakref

Karena saat ini masih versi beta, tentu kalian akan menemukan bug atau fitur yang belum berjalan dengan maksimal di rilisan ini. (yuyudhn/linuxsec)

Sumber:

  • https://www.linuxuprising.com/2019/11/shortwave-internet-radio-player-for.html