Microsoft Berencana Hadirkan Kernel Linux di Windows 10

67

Microsoft Berencana Hadirkan Kernel Linux di Windows 10. Kemesraan Microsoft dan Linux memang sangat terlihat dalam beberapa tahun terakhir seperti dengan menghadirkan bash shell di WIndows, menghadirkan OpenSSH native di Windows, hingga memasukkan Ubuntu di Windows Store. Dan yang terbaru, Microsoft berencana menghadirkan kernel linux pada sistem Windows 10 melalui Windows Subsystem for Linux versi 2.

Kernelnya sendiri nantinya akan menggunakan kernel 4.19, yang merupakan kernel long-term terbaru. Integrasi Microsoft Linux di Windows 10 yang dapat diinstall oleh pengguna melalui Windows Store. Ini adalah perubahan besar bagi Microsoft, dan menandai pertama kalinya bahwa kernel Linux akan dimasukkan sebagai bagian dari Windows. Sepertinya integrasi kernel Linux ini akan tersedia akhir tahun ini, dengan pembaruan Windows 10 yang diberi kode 19H2.

Baca juga:

Perubahan drastis ini berarti WSL kini mampu menawarkan kinerja sistem file yang meningkat. Kernel ini akan memberikan kompatibilitas sistem secara penuh. Ini berarti, kita bisa menjalankan Docker dan aplikasi Linux lainnya menggunakan Windows Subsystem for Linux versi 2.

Kabar ini tentu menjadi kabar bagus untuk para developer, karena update ini diyakini akan secara dratis meningkatkan performa subsystem Linux di Windows 10. Microsoft juga berjanji untuk memperbarui kernel ini melalui Windows Update, dan itu akan sepenuhnya dibuat open source yangmana pengembang diijinkan untuk membuat kernel WSL mereka sendiri dan berkontribusi pada pengembangan kernel Microsoft. (yuyudhn/linuxsec)