5 Distro Terbaik untuk Kegiatan Ethical Hacking dan Penetration Testing

1907

Distro Terbaik untuk Kegiatan Ethical Hacking dan Penetration Testing. Di artikel ini saya akan sharing seputar distro linux yang cocok untuk hacking maupun pentest. Distro pentest umumnya sudah dilengkapi tool yang memang ditujukan untuk kegiatan tersebut.

Dan berikut daftar distro hacking terbaik versi LinuxSec.

Kali Linux

Distro hacking yang menjadi suksesor BackTrack ini menjadi distro yang sangat populer apalagi semenjak Elliot dari serial TV Mr.Robot menggunakan OS ini untuk melakukan peretasannya. Apalagi di update Kali Linux 2019.4, desktop default Kali berubah menjadi XFCE sehingga menjadi lebih ringan untuk mendukung kegiatan hacking kalian.

Website: https://kali.org

BackBox

BackBox merupakan distro pentest turunan dari Ubuntu LTS. Versi terbaru saat artikel ini dibuat adalah BackBox 6 yang berbasis Ubuntu 18.04 LTS. Menggunakan desktop default XFCE, sistem operasi ini tergolong ringan sehingga resource dari hardware bisa lebih difokuskan ke tools hacking yang ada.

Baca Juga  ISO Ubuntu 19.04 Daily Builds Sudah Tersedia Untuk Diunduh

Website: https://backbox.org

BlackArch

BlackArch merupakan distro hacking turunan dari Arch Linux yang memang sudah terkenal karena kestabilannya. Repository BlackArch sendiri menyediakan sekitar 2406 tools hacking siap pakai.

Website: https://blackarch.org/

Parrot

Parrot OS selalu dibanding-bandingkan dengan Kali Linux karena keduanya sama sama turunan dari Debian. Kemunculannya sendiri sering disebut sebagai alternatif dari Kali Linux karena dari segi resource memang Parrot membutuhkan spesifikasi lebih rendah. Distro ini juga cukup populer jadi jangan khawatir masalah dukungan komunitas.

Baca Juga  Kali Linux 2020.1 akan Dirilis dengan User Default Non-Root

Website: https://parrotlinux.org/

BlackBuntu

BlackBuntu merupakan distro pentest turunan dari Ubuntu. Versi terbarunya berbasis dari Ubuntu 18.04 LTS. OS ini juga sudah dilengkapi dengan tool hacking mainstream seperti Metasploit, Burpsuite, Sqlmap, Aircrack, dll.

Bonus

Selain kelima distro diatas, berikut adalah distro pentest dari Indonesia yang saat ini pengembangannya masih aktif dan terus berlanjut. Jika penasaran kalian bisa mencobanya.

Oke mungkin sekian artikel kali ini, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here