Kali Linux 2020.1 akan Dirilis dengan User Default Non-Root

2316

Kali Linux 2020.1 akan Dirilis dengan User Default Non-Root. Bagi kalian pengguna distro pentest Kali Linux tentu tau bahwa default user untuk login ke desktop Kali adalah root. Tidak semua aplikasi akan berjalan mulus ketika dieksekusi dengan hak akses root, dan itu adalah salahsatu alasan membuat user baru dengan hak akses sudo merupakan salahsatu hal yang harus dilakukan setelah menginstall Kali Linux.

Nah, pengembang Kali Linux sendiri melalui postingan di blognya telah mengumumkan bahwa mulai perilisan Kali Linux 2020.1 default user untuk Kali Linux tidak lagi root. Pengguna diberi pilihan untuk membuat user baru dengan hak akses sudo selama proses instalasi.

Baca Juga  Linux Deepin 15.8 Dirilis dengan Berbagai Perbaikan dan Penyempurnaan

Alasan pengembang akhirnya mengambil keputusan ini adalah mulai banyak pengguna yang memakai Kali Linux sebagai daily OS. Meski developer sendiri sudah mewanti-wanti bahwa Kali Linux bukanlah sistem operasi yang cocok untuk penggunaan harian, namun dalam beberapa tahun terakhir pengguna Kali Linux terus bertambah, dan menggunakan Kali Linux sebagai sistem operasi harian meski sedang tidak melakukan kegiatan pentesting.

Alasan kedua adalah karena saat ini mulai banyak tool pentesting yang tidak lagi membutuhkan hak akses root untuk dijalankan, termasuk beberapa tools yang ada di repository Kali Linux sendiri. Bahkan beberapa tool ada yang malah tidak bisa dijalankan ketika pengguna mencoba mengeksekusinya dengan hak akses root.

Baca Juga  Ingin Mencoba Ubuntu 20.04? Saat ini Versi Daily Builds Sudah Bisa Didownload

Kali live mode akan menggunakan user kali dan password kali selama proses instalasi. Saat proses install, pengguna akan disuruh untuk menambahkan pengguna baru yang nantinya secara otomatis akan masuk ke grup sudo.

Meski begitu, developer Kali tetap tidak menganjurkan penggunaan Kali Linux sebagai sistem operasi harian. Alasannya karena Kali Linux tidak didesain untuk tujuan itu, terlebih lagi developer tidak melakukan pengujian dengan pola tersebut. Namun dengan adanya perubahan ini diharapkan akan sedikit membantu bagi kalian yang sudah familiar dengan Kali Linux dan tetap ingin menggunakannya sebagai daily OS. (yuyudhn/linuxsec)

1 KOMENTAR

  1. bang bisa bantu peninstallan saya, saya install kali linux 2020 slalu diminta koneksi wifi, dan pada proses pemilihan dan pengintalan file 1800/1900 kurang 100 lagi malah gagal gila bener udah ngabisin kuota hp 1,5gb malah gagal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here