Zorin OS 15 Dirilis, Distro User Friendly yang Cocok untuk Pemula

1036

Zorin OS 15 Dirilis, Distro User Friendly yang Cocok untuk Pemula. Versi terbaru dari Zorin OS, yakni Zorin OS 15 sekarang sudah tersedia untuk publik dan bisa diunduh. Zorin OS 15 sendiri berbasis 18.04.2 LTS. Basis yang juga “menopang” beberapa distro populer turunan Ubuntu versi terbaru seperti Peppermint OS 10.

Pengguna Zorin OS 15 juga mendapatkan akses ke pembaruan aplikasi terbaru dan akan menerima pembaruan kernel Linux di masa depan, termasuk Linux Kernel 5.0, melalui Hardware Enablement Stack (HWE) Canonical.

Tampilan Mirip Windows, Cocok untuk Pemula

Seperti versi versi sebelumnya, gaya atau tampilan dari Zorin OS memang dibuat mirip dengan Windows. Begitu juga dengan Zorin OS 15. Konsep ini tentu akan sangat membantu bagi para pengguna baru agar merasa familiar dengan OS baru mereka. Dan juga, OS ini menjadi semakin ramah untuk pengguna baru karena basisnya adalah Ubuntu, yang memang dikenal sebagai sistem operasi yang user friendly. Ya, distro ini memang dirancang untuk memperkenalkan GNU/Linux bagi orang awam ataupun pengguna baru yang menganggap Linux adalah OS yang susah.

Namun tenang saja, bagi yang tidak terlalu suka dengan tampilan yang seperti Windows ini, tersedia juga opsi layout yang berbeda.

Yang menarik, pengembang Zorin kembali mem-porting GNOME Shell 3.30 ke Ubuntu 18.04 sehingga pengguna mendapat fitur-fitur GNOME 3.30 lebih awal dari pengguna distro lain. GNOME Shell 3.28 adalah versi “vanilla” yang ditawarkan Ubuntu 18.04 LTS, jadi penggunaan versi 3.30 oleh Zorin 15 adalah lompatan yang luar biasa!

Fitur Zorin Connect

Fitur lain yang cukup mecuri perhatian adalah Zorin Connect yangmana fitur ini memungkinkan Zorin OS mu terhubung ke smartphone.

Berbasis GSConnect dan KDE Connect, “Zorin Connect” membantu mengintegrasikan dan menjembatani laptop atau PC dengan ponsel cerdas, memungkinkan kalian untuk menikmati fitur berikut:

  • quick transfer antara PC dan smartphone
  • melihat dan membalas notifikasi smartphone lewat PC
  • menjadikan smartphone sebagai mouse
  • menggunakan media player control di PC

Zorin Connect sudah tersedia secara pre-installed. Namun untuk menggunakannya, kalian juga harus menginstall Zorin Connect Android, yang dapat didownload melalui Play Store.

Download Zorin Connect for Android

Perubahan lain adalah adanya pergantian browser default. Jika sebelumnya Zorin OS menggunakan Chromium, di Zorin OS 15 ini browser default nya adalah Firefox. Beberapa perubahan lainnya adalah sebagai berikut:

  • Linux kernel 4.18
  • Color emoji support
  • System font: Inter
  • New background & boot screen artwork
  • Customization settings for the taskbar & app menu
  • App menu opens with super key
  • Thunderbolt 3 device support
  • Captive portal detection
  • Bulk file renaming in the File browser

Download Zorin OS 15

Jika kalian tertarik untuk mencoba Zorin OS 15, kalian bisa mengunduhnya melalui link berikut:

Zorin OS 15 tersedia dalam varian “Core” dan “Ultimate”. Pilih versi Core untuk mengunduh yang gratis, dan Ultimate untuk yang berbayar.

Dari tampilan yang dipoles hingga fitur-fitur barunya yang brilian, Zorin OS 15 menawarkan pengenalan pertama yang meyakinkan tentang Linux. Jadi tunggu apalagi? Ayo coba Zorin OS 15 sekarang juga. (yuyudhn/linuxsec)