Kubuntu Focus, Laptop Spek Gahar dengan OS Bawaan Kubuntu

814

Kubuntu Focus, Laptop Spek Gahar dengan OS Bawaan Kubuntu. Jika kalian adalah pengguna Ubuntu dan penggemar berat KDE ada kabar bagus karena baru-baru ini laptop dengan sistem operasi Kubuntu sudah bisa dipesan secara online. Bernama Kubuntu Focus, laptop yang memiliki spesifikasi tinggi ini terlahir dari kerjasama Kubuntu Council, Tuxedo Computers dan MindShareManagement. Pengumuman mengenai kerjasama ini sebenarnya sudah dipublih akhir tahun lalu, dan saat ini Kubuntu Focus sudah bisa dipesan secara online.

Kubuntu sendiri adalah sistem operasi open source turunan utama Ubuntu yang menggunakan desktop KDE. Untuk sistemnya memang sama, namun desktop serta aplikasinya berbeda dari Ubuntu yang saat ini menggunakan desktop GNOME.

Baca Juga  Lagi-lagi Server WhatsApp Mengalami Gangguan

Dan karena laptop ini memang dari awal sudah tertanam Kubuntu didalamnya, maka pihak vendor juga sudah melakukan riset dan tuning bagaimana meningkatkan performa laptop ini dengan Kubuntu seperti kernel apa yang paling stabil di hardware ini, bagaimana cara memaksimalkan battery life, apa aplikasi screen recorder yang paling cocok, dll.

Spesifikasi

Spek laptop ini juga tinggi.

  • OS: Hardware-tuned Kubuntu 18.04 with backports and PPA repositories for target workflows
  • CPU: Core i7-9750H 6c/12t 4.5GHz Turbo
  • GPU: NVIDIA GeForce RTX 2060 6 GB GDDR6 with PhysX and CUDA
  • Display: Full HD 16.1” matte 1080p IPS 144Hz
  • Memory: 32GB Dual Channel DDR4 2666 MHz
  • Storage: 1TB Samsung EVO Plus NVMe 3,500MB/s and 2,700MB/s seq. read and write.
Baca Juga  Pengguna TOR Tidak akan Lagi Jumpai CAPTCHA di Situs yang Menggunakan Cloudflare

Pengguna juga memiliki opsi jika ingin upgrade RTX 2070 ke 2080, storage, ataupun extra power supply.

Untuk harga, Kubuntu Focus dibanderol $2,395.00 atau sekitar Rp 33 Juta.

Laptop ini sangat cocok jika kalian adalah seorang linux gamer, editor, programmer ataupun sysadmin yang membutuhkan laptop dengan spesifikasi tinggi untuk mendukung aktifitas kalian. Namun beberapa pegguna menyayangkan tidak adanya versi AMD untuk seri Kubuntu Focus karena mungkin saja jika ada maka harga bisa terpangkas jauh.

Proses pre-ordernya dimulai hari ini, dan pengiriman dimulai tanggal 3 Februari 2020. Bagaimana? Apakah kalian tertarik untuk membeli laptop ini? (yuyudhn/linuxsec)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here