Google Rilis Ekstensi Chrome untuk Membantu Pengecekan Data yang Bocor

Google Rilis Ekstensi Chrome untuk Membantu Pengecekan Data yang Bocor. Baru-baru ini Google merilis ekstensi untuk browser milik mereka yakni Google Chrome. Ekstensi yang bernama Password Checkup ini memiliki fungsi untuk melakukan pengecekan di situs yang membutuhkan kredensial untuk masuk, dan memberitahu pengguna jika kredensial yang mereka gunakan bocor (leaked).

Rilisnya ekstensi untuk Chrome ini mungkin merupakan tanggapan dikarenakan banyaknya kasus data breach akhir-akhir ini. Dan bukan tidak mungkin data yang disebar di internet oleh para hacker tersebut merupakan data milik kalian. Sehingga dengan adanya ekstensi Password Checkup ini kalian bisa mendapat peringatan lebih dini jika ada salahsatu password yang kalian gunakan bocor ke internet.

Baca Juga:

Cara kerja dari Password Checkup sendiri adalah dengan membandingkan kredensial inputan pengguna (di situs manapun) dengan database terenkripsi yang berisi lebih dari 4 Miliar kredensial yang telah bocor sebelumnya. Dan jika ekstensi tersebut menemukan kecocokan antara inputan pengguna dengan data yang telah bocor sebelumnya, akan muncul peringatan yang meminta pengguna untuk mengubah kata sandi. Mirip seperti layanan Have i Been Pwned, hanya saja ini berbentuk ekstensi Chrome.

Kalian juga tidak perlu khawatir pihak Google akan mengoleksi data pribadi kalian karena mereka telah berkomitmen untuk tetap menjaga privasi kalian tetap anonim dengan cara dengan mengenkripsi kredensial yang kalian input-kan sebelum dibandingkan dengan database online milik mereka.

Untuk lebih detailnya tentang kriptografi yang mereka gunakan dalam ekstensi Password Checkup ini, bisa kalian baca pemberitahuan resmi mereka di Google Blog.

Pasang Password Checkup di Google Chrome

Bagi kalian yang ingin memasang ekstensi Password Checkup di Google Chrome, kalian bisa langsung menuju Chrome Web Store atau melalui link berikut:

Password Checkup

(yuyudhn/linuxsec)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here