Hacker Bobol Situs Pussenif TNI AD, Muncul Lagu Blackpink di Halaman Depan

125

Hacker Bobol Situs Pussenif TNI AD, Muncul Lagu Blackpink di Halaman Depan. Baru baru ini seorang peretas “iseng” mengusili website resmi Pusat Kesenjataan Infanteri atau biasa dikenal dengan PUSSENIF milik TNI AD. Defacer dengan codename Cipher mengubah halaman depan situs yang beralamat di pussenif.mil.id tersebut dengan latar hitam.

Berikut tampilan situs saat diakses:

Hacker Bobol Situs Pussenif TNI AD

Tidak ada pesan khusus yang ditinggalkan oleh pelaku. Hanya tulisan sebagai tanda bahwa ia berhasil meretas situs tersebut

Hacked by ./Cipher

Selain itu, pelaku juga memajang foto wajah salahsatu member Blackpink yaitu Jennie. Lantunan lagu BLACKPINK – SO HOT juga otomatis diputar saat halaman diakses. Pelaku juga meninggalkan email yang bisa dihubungi di alamat [email protected].

Saat arikel ini dirilis, belum ada perbaikan dari situs terkait. Nampaknya admin situs belum menyadari bahwa situsnya sedang dijahili. Untuk mirrornya bisa kalian lihat di alamat berikut:

  • http://www.zone-h.org/mirror/id/32253151

Kami sangat menyayangkan tindakan merusak situs milik pemerintah apalagi situs militer seperti ini. Selain dapat menganggu kinerja situs dan membuat susah orang-orang yang ingin mencari informasi di situs tersebut, pelaku peretasan juga berpotensi untuk ditangkap dan dipenjara.

Namun, kadang menjadi cukup beralasan jika masih banyak pemuda di Indonesia yang memiliki ketertarikan di bidang web security lebih memilih untuk menjadi perusak seperti ini dikarenakan kurangnya apresiasi pemerintah terhadap mereka yang peduli dengan keamanan situs pemerintah dan pelaporkan bug ke admin situs terkait. Sehingga mereka lebih memilih merusak website yang bercelah daripada melaporkannya.

Apapun alasannya, merusak seperti ini tetap tidak bisa dibenarkan. Semoga website PUSSENIF segera diperbaiki dan keamanan situs diperketat karena sampai saat ini sudah ada ribuan situs pemerintah Indonesia yang menjadi target dari para defacer yang berasal dari Indonesia sendiri. (yuyudhn/linuxsec)