Tips Melindungi Akun Facebook dari Hacker

94

Tips Melindungi Akun Facebook dari Hacker. Beberapa waktu lalu saya sempat mendapat pertanyaan melalui WhatsApp mengenai akun Facebook yang diretas. Dan di artikel ini kita akan membahas seputar hack Facebook,mengenali bagaimana cara hackermengambil alih akun Facebook korban, dan bagaimana cara kita menghindarinya.

Ada banyak kerugian atau masalah yang akan timbul jika sampai akun Facebook kita dibobol oleh hacker. Misalnya akun tersebut digunakan untuk menipun friendlist di akun Facebook kita, atau digunakan untuk membuat status bernada provokatif. Jika itu terjadi, maka nama baik pemilik akun Facebook asli tentunya juga menjadi buruk.

Nah berikut adalah beberapa tips agar akun Facebook kita aman dari peretasan yang dilakukan oleh hacker.

Gunakan Password yang Susah Ditebak

Ini sebenarnya adalah standar keamanan yang harus diterapkan di semua akun ya. Kita tidak boleh menggunakan password yang mudah ditebak seperti menggunakan tanggal lahir, menggunakan nama kota favorit, tanggal pernikahan, dll. Jangan pula gunakan password yang terlalu “umum” seperti 12345678, iloveyou, dll. Password password model seperti itu gampang sekali ditembus menggunakan metode password guessing yaitu dictionary attack ataupun brute force attack.

Kalian juga bisa gunakan ekstensi browser seperti Password  Checkup untuk memeriksa apakah password yang kalian gunakan masuk dalam wordlist publikatau tidak. Atau, untuk membuat password yang kuat, kalian bisa gunakan Firefox terbaru dimana ada fitur Password Generator didalamnya.

Jangan Klik Link Sembarangan

Ini juga standar keamanan akun dan tidak hanya di Facebook saja. Jangan pernah meng-klik sembarang link yang dikirim oleh orang tidak dikenal entah itu melalui email, WA, ataupun Facebook. Bisa saja link tersebut merupakan link phising yang menggiring korban untuk melakukan aktivitas login menggunakan akun Facebook. Dan ketika korban login melalui link phising tersebut, maka username atau email dan juga password akan tercatat dan tersimpan di server phising milik si peretas.

Hal ini juga berlaku untuk file berkas. Jangan pernah meng-klik berkas yang dikirim oleh orang tidak dikenal, entah itu file gambar ataupun file .zip.Terlebih lagi file dengan ekstensi tidak wajar. Karena bisa saja file tersebut sudah di-embed dengan malware, dan ketika korban mendownload dan meng-klik file tersebut, maka malware akan langsung terinstall di perangkat korban. Dan jika sudah seperti itu, maka bukan hanya akun Facebook saja yang kemungkinan akan diretas, seluruh akun di perangkat korban bisa saja diambil alih.

Hindari Pemakaian Aplikasi Pihak Ketiga Secara Berlebihan

Aplikasi aplikasi pihak ketiga di Facebook seperti game tebak umur, tebak kepribadian dll memang tidak memerlukan kata sandi untuk mengaksesnya. Aplikasi aplikasi tersebut menggunakan akses token Facebook. Namun jangan anggap akun kalian aman karena pada dasarnya token Facebook bisa saja dimanfaatkan untuk hal negatif, tergantung dari permission yang dimiliki oleh si token. Akses token bisa saja digunakan untuk membaca isi pesan dari akun Facebook target, bahkan di beberapa aplikasi ada yang meminta ijin agar aplikasinya bisa mengupdate status atau postingan di akun Facebook kita. Dan itu bisa disalahgunakan.

Tips amannya, jangan berlebihan menggunakan aplikasi atau game yang meminta akses token Facebook. Ya, mungkin game game tersebut seru dan bisa digunakan untuk mengiisi waktu luang. Namun perlu diketahui juga bahwa kalian juga harus menjaga privasi kalian sendiri.

Jika ingin mencabut akses token aplikasi yang terlanjut diijinkan, buka akun Facebook kalian, masuk menu Settings, lalu klik tab Apps and websites. Lalu tinggal pilih saja aplikasi mana yang aksesnya ingin direvoke.

Gunakan Autentikasi Dua Faktor

2FA atau Autentikasi Dua Faktor akan sangat membantu jika dikemudian hari password dari akun kalian ditembus hacker. Meskipun dia memiliki password akun kita, mereka tidak akan bisa login ke akun karena akan diminta memasukkan OTP yang dikirim ke nomor HP ataupun ke aplikasi Google Authenticator. Untuk mengaktifkannya, masuk menu Settings > Security and login > Use two-factor authentication. Kalian bisa pilih sendiri akan dikirim kemana OTP saat 2FA diaktifkan.

Oke mungkin itu saja beberapa tips agar akun kalian aman dari hacker. Dan juga, jangan terlalu mengumbar informasi pribadi di media sosial, dan sebisa mungkin jangan gunakan komputer publik untuk mengakses akun kita. Kita tidak tau karena mungkin saja di komputer publik tersebut terpasang keylogger. Sebisa mungkin gunakan komputer ataupun smartphone pribadi untuk bersosial media.

Referensi:

(yuyudhn/linuxsec)