Pelaku Peretasan Situs Kemendagri Ditangkap

2106

Pelaku Peretasan Situs Kemendagri Ditangkap. Beberapa hari yang lalu ramai diperbincangkan kasus peretasan website Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia yang dilakukan oleh pelaku dengan codename Security007. Aksi peretasan ini menjadi viral karena pesan yang disampaikan atau ditingalkan oleh si hacker di situs Kemendagri lumayan tepat momennya. Ya, si hacker meninggalkan pesan yang ditujukan kepada “wakil rakyat” yang saat ini sedang berusaha mematikan KPK.

Baru-baru ini Kepolisian Republik Indonesia menyatakan telah menangkap peretas situs web Kementerian Dalam Negeri. Penangkapan tersebut disampaikan oleh Kepala Biro Penanganan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo.

Dilansir dari Cyberthreat.id, penangkapan tersebut dilakukan oleh petugas gabungan Bareskrim Polri dan Polda Jawa Timur. Pelakunya sendiri merupakan orang yang berdomisili di Jawa Timur, dan memang sudah mengakui kalau dirinya masuk ke sistem web Kemendagri secara ilegal.

Baca juga:

Pihak kepolisian sendiri saat ini masih belum mengungkap identitas dari pelaku peretasan, namun rencananya Bareskrim Polri akan mengadakan jumpa pers terkait dengan penangkapan tersebut Jumat (27 September).

Dari pantauan kami, Security007 sendiri merupakan peretas yang cukup aktif. Menurut catatan dari Defacer.id, setidaknya ada 470 domain (dan subdomain) yang diretas dan diarsipkan melalui situs mirroring tersebut. Dari 470 domain tersebut 79 diantaranya ditandai sebagai special defacement yang artinya merupakan domain milik instansi negara. Pelaku sendiri merupakan anggota dari tim Problem Cyber Team.

Pelaku pernah melakukan peretasan terhadap website Komite Profesi Akuntan Publik (kpap.go.id), Pengadilan Agama Barru (pa-barru.go.id), serta Badan Pengawasan Mahkamah Agung yang beralamat di bawas.mahkamahagung.go.id. (yuyudhn/linuxsec)