Bobol Website Kemendagri, Hacker Berikan Dukungan Terhadap KPK

555

Bobol Website Kemendagri, Hacker Tampilkan Gambar RIP KPK. Baru-baru ini sosial media dihebohkan dengan kejadian peretasan website Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia yang beralamat di www.kemendagri.go.id oleh seorang peretas dengan codename Security007.

Aksi peretasan ini menjadi viral karena pesan yang disampaikan atau ditingalkan oleh si hacker di situs Kemendagri lumayan tepat momennya. Ya, si hacker meninggalkan pesan yang ditujukan kepada “wakil rakyat” yang saat ini sedang berusaha mematikan KPK.

Suara rakyat kau batasi, semua kau anggap makar dan diskriminasi, kau hanyalah boneka yang diikat tali, tak lebih dari sebuah komedi

Itulah sepenggal kalimat yang ditinggalkan oleh pelaku. Selain pesan tersebut pelaku peretasan juga memasang gambar RIP KPK. Sontak kejadian peretasan tersebut langsung viral di media sosial karena pesan yang disampaikan oleh pelaku peretasan dianggap mewakili suara masyarakat Indonesia yang memang mayoritas menolak RUU KUHP yang kontroversial.

Kredensial Database Website Kemendagri Disebar

Ada salahsatu tindakan dari si peretas yang cukup terbilang nekat, yakni dia menyebarkan kredensial masuk ke database website Kemendagri. Selain meninggalkan pesan dukungan terhadap KPK, pelaku peretasan memang secara jelas mengumbar kredensial database website Kemendagri di script defacement nya. Tak hanya itu, versi kernel dari server tempat situs Kemendagri berjalan juga diperlihatkan.

Saat artikel ini dirilis, website Kemendagri tidak bisa diakses. Kemungkinan pihak IT dari website terkait sengaja mematikan server untuk melakukan audit. Namun di sosial media sendiri masih ramai yang memperbincangkan kasus peretasan ini.