Dua Remaja Asal Surabaya dan Malang Ditangkap Polda Jatim setelah Bobol Kartu Kredit

21

Dua Remaja Asal Surabaya dan Malang Ditangkap Polda Jatim setelah Bobol Kartu Kredit – Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim meringkus dua remaja tersangka tindak kejahatan siber pembobolan kartu kredit warga negara asing.

Dilansir dari TribunJatim, dua pemuda tersebut adalah inisial MDS (20) warga Tambaksari Surabaya dan FP warga Purwodadi Kecamatan Blimbing Kota Malang.

Kasubdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim AKBP Harissandi menjelaskan, modus kedua tersangka adalah membobol data korban pemegang kartu kredit di luar negeri. Tersangka menargetkan warga dengan kartu kredit negara Jepang dan Amerika Serikat.

Dia mengatakan kejahatan Cyber ini sudah dilakukan tersangka selama dua tahun. Tersangka memakai nomor kartu kredit milik korban untuk membeli barang mewah branded berharga puluhan juta dari online shop yang menerima pembayaran berupa kartu kredit dan dikirimkan ke dua alamat di Surabaya dan Malang.

Adapun barang bukti berhasil disita berupa barang elektronik dari tersangka MDS berupa dua handphone I Phone X warna hitam dan Samsung Galaxy S8+ wama hitam. Laptop Asus dual fan Copling, sepatu air Jordan, Laptop Accer tipe Predator berharga Rp 60 juta.

Barang bukti disita dari tersangka FP berupa laptop Lenovo Legion Y720, Handphone Huawei, sepatu Adidas Dan New Balance, Tas Kate spade dan Burberry, mainan Gundam, Nintendo Baju Branded dan Sikat Gigi Elektronik.

Dari seluruh barang bukti yang disita, total kerugian korban mencapai hingga lebih dari Rp 500 juta.