Ubuntu 19.10 Hadirkan Fitur Flicker Free Boot

244

Ubuntu 19.10 Hadirkan Fitur Flicker Free Boot. Pengembangan untuk Ubuntu 19.10 terus dilakukan dan kali ini pembaruan singkat memperkenalkan fitur Flicker Free Boot yang sebelumnya hanya ada di distro Fedora.

Pengguna Ubuntu 19.10 dengan kartu grafis Intel modern dan pengaturan UEFI akan mendapatkan pengalaman booting yang benar-benar mulus (flicker-free boot), berkat snapshot Plymouth baru yang diimplementasikan ke Ubuntu Eoan.

sumber gambar: OMGUbuntu!

Beberapa hardware yang didukung juga akan menampilkan logo dari vendor dari firmware dengan animasi loading screen dibawahnya, mirip dengan apa yang biasa kalian jumpai di sistem operasi Windows. Ya tentu saja ini hanya berlaku untuk beberapa hardware yang didukung saja.

Fitur baru ini hanya bisa digunakan jika kalian menggunakan Ubuntu 19.10. Instalasinya bisa dilakukan dengan perintah berikut

sudo apt update
sudo apt full-upgrade
sudo apt install plymouth-theme-spinner

Lalu reboot Ubuntu untuk melihat efek yang terjadi.

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, fitur ini saat ini baru dicoba di Ubuntu 19.10, dan dengan asumsi bahwa tidak akan ada masalah atau error kedepannya, dan juga sudah ada distro lain (Fedora) yang menggunakan fitur ini, maka di perilisan Ubuntu 19.10 nanti seharusnya mereka sudah memiliki fitur flicker-free-boot yang akan membuat booting Ubuntu nampak lebih mulus.

Secara kebetulan, siklus ini menandai sepuluh tahun sejak Canonical awalnya menolak gagasan Plymouth untuk meningkatkan pengalaman booting di Ubuntu seperti pada tahun 2009, dengan alasan mereka hanya ingin fokus pada waktu booting sepuluh detik.

Untuk melihat bagaimana flicker-free berjalan di Fedora bisa kalian cek di video berikut:

(yuyudhn/linuxsec)