Retas Registrar Domain NIC, Kelompok Hacker asal Indonesia Hijack Puluhan Domain Slowakia

1569

Retas Registrar Domain NIC, Grup Hacker asal Indonesia Hijack Puluhan Domain Slowakia. Baru-baru ini kelompok hacker Typical Idiot Security berhasil meretas situs nic.sk, web registrar domain yang melayani pembelian domain kodenegara Slovakia.

Kami berhasil menghubungi pelaku melalui email dan mendapatkan penjelasan bahwa mereka berhasil meretas puluhan domain berkode negara .sk setelah sebelumnya meretas situs registrar nic.sk.

mereka juga mengarsipkan “jejak” bahwa mereka berhasil meretas domain nic.sk disini:

  • http://www.zone-h.org/mirror/id/32639211

Selanjutnya, mereka masuk ke database nic.sk (secara ilegal, tentunya), untuk kemudian mencari data customer nic.sk. Setelah berhasil mendapatkan credential dari akun pengelola domain yang ada di nic.sk, mereka masuk ke akun tersebut untuk kemudian mengubah namesever domain terkait untuk diarahkan ke server milik Typical Idiot Security. Teknik ini dikenal dengan sebutan DNS Hijacking.

Hasilnya, puluhan domain berekstensi .sk berhasil dirubah tampilannya, termasuk beberapa diantaranya adalah domain milik perusahaan besar.

Saat artikel ini dibuat, domain domain tersebut sudah banyak yang kembali seperti semula. Namun masih ada juga yang belum diperbaiki. Untuk mirrornya bisa dicek melalui link berikut:

  • http://www.zone-h.org/archive/notifier=Typical%20Idiot%20Security

(yuyudhn/linuxsec)