Server Down, Situs KPU Tidak Dapat Diakses

36

Server Down, Situs KPU Tidak Dapat Diakses. Hari ini, 17 April 2019 merupakan hari dimana di Indonesia diadakan pesta demokrasi yakni pemilu Presiden untuk menentukan siapakah yang akan menjadi orang nomor satu di Indonesia untuk lima tahun ke depan, serta pemilu Legislatif untuk memilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Saat ini quick count juga sedang berlangsung.

Namun yang menjadi sorotan, masih sama seperti tahun 2014 lalu, saat pemilu situs KPU mengalami error atau gangguan. Belum pasti, apakah ini disebabkan oleh serangan ddos oleh oknum yang tidak menyukai KPU, atau memang murni overload karena server yang tidak mampu menangani trafik.

Pihak KPU sendiri pernah mengatakan bahwa pihak mereka sering mendapatkan serangan atau percobaan hacking dari berbagai kalangan, termasuk serangan dari luar negeri. Ketua KPU, Arief Budiman sendiri sudah mengatakan bahwa pihak mereka akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga sistem KPU agar tetap aman.

Sekedar informasi tambahan, meski situs KPU down atau tidak dapat diakses, hal tersebut tidak mempengaruhi penghitungan suara yang masuk karena penghitungan masih dilakukan secara manual. Hanya saja, kadang memang harus menjadi perhatian ketika website sebesar kpu.go.id malah tidak bisa diakses saat sedang diadakan pemilihan umum.

Sampai berita ini dirilis belum ada perbaikan. Situs KPU masih belum dapat diakses.

Kali ini Giliran Situs Penghitungan Real Count KPU yang Down

Setelah kemarin situs utama KPU yakni kpu.go.id tidak dapat diakses alias down, kali ini salahsatu situs penting dibawahnya yakni pemilu2019.kpu.go.id ikut down.

pemilu2019.kpu.go.id sendiri merupakan situs yang menampilkan hasil perhitungan real count di Pemilu 2019. Kemungkinan situs down karena banyaknya pengakses yang ingin cepat cepat mengetahui siapakah yang lebih unggul di pilpres 2019 ini.

(yuyudhn/linuxsec)