Facebook Bekukan Ratusan Fanspage, Akun Personal, dan Grup di Indonesia

Facebook Bekukan Ratusan Fanspage, Akun Personal, dan Grup dari Indonesia. Baru-baru ini Facebook mengumumkan bahwa mereka telah membekukan ratusan fanspage, akun personal, maupun grup yang berasal dari Indonesia. Melalui pemberitahun yang ditulis oleh Nathaniel Gleicher di laman Newsroom, setidaknya ada 207 Halaman Facebook, 800 akun personal Facebook, 546 Grup Facebook, dan 208 akun Instagram di Indonesia yang dihapus karena dianggap melanggar kebijakan.

Ada indikasi bahwa keseluruh halaman yang dihapus ini berhubungan dengan Grup Saracen, sindikat online di Indonesia.

Pihak Facebook sendiri tidak segan segan dalam membekukan akun yang dianggap melanggar, hal ini dibuktikan dengan adanya pembekuan salahsatu laman Facebook yang memiliki 170rb likes, dan akun Instagram yang memiliki 65rb followers.

Beberapa akun yang dihapus antara lain:

  • Permadi Arya (Page)
  • Kata Warga (Page)
  • Darknet ID (Page)
  • berita hari ini (Group)
  • ac milan indo (Group)

Pihak Facebook sendiri menjelaskan bahwa pembekuan halaman, akun personal, maupun grup tersebut tidak semata-mata karena postingan di akun terkait, namun juga perlilaku orang-orang dibaliknya. Dalam hal ini, orang-orang di belakang akun-akun ini berkoordinasi satu sama lain dan menggunakan akun palsu untuk berinteraksi dengan publik.

Facebook sendiri telah berkomitmen untuk terus berupaya mendeteksi dan menghentikan jenis aktivitas ini karena mereka tidak ingin layanan Facebook digunakan untuk memanipulasi orang. (yuyudhn/linuxsec)

1 KOMENTAR

  1. 🤔🤔🤔 pantesan akun ane tiba2 non aktif sampe 5 February ga bisa posting di grup fb . Biasanya karna spam post di grup fb, tapi seharian blom buka fb tau2 di blok aje .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here