Home Bug Bounty HackerOne Berikan Reward $10.000 Kepada Penemu “Killswitch” WannaCRY

HackerOne Berikan Reward $10.000 Kepada Penemu “Killswitch” WannaCRY

0
SHARE

Sudah banyak media meliput tentang akun @malwaretech yang “secara tidak sengaja” menemukan cara menghentikan penyebaran WannaCry v1 beberapa waktu lalu. Selain banjir pujian dan dianggap pahlawan, ternyata pemuda berusia 22 tahun ini juga mendapatkan reward sebesar $10.000 dari HackerOne.

HackerOne adalah platform program Bug Bounty. Banyak perusahaan perusahaan besar yang mengadakan program bug bounty melalui HackerOne. Bahkan beberapa waktu lalu PornHub pernah mengadakan bug bounty melalui situs tersebut.

Balik lagi ke si @malwaretech tadi, setelah pemuda ini menemukan cara untuk menghentikan penyebaran wannacry versi pertama. Saat malware melakukan http request ke random domain dan koneksinya gagal, maka ransomware tersebut akan mengenkripsi file korban, dan jika request nya berstatus ok, maka ransomware akan berhenti. Olehkarena itu dengan mendaftarkan domain mati yang ada pada wannacry membuat ransomware itu sendiri berhenti menyebar.

Sebagai penghargaan, HackerOne akhirnya memberikan reward sebesar $10.000 kepada akun @malwaretech dissertai dengan ucapan terimakasih karena ikut membantu internet lebih aman.

This bounty was provided by HackerOne. Thank you for your active research into this malware and for making the internet safer!

https://hackerone.com/reports/228648

Si malwaretech pun menyebut uang tersebut akan digunakan untuk amal dan sisanya akan digunakan untuk membantu siapa saja yang menginginkan buku mengenai infosec dan tidak mampu membelinya.

Nah bagaimana dengan kalian ? Tertarik untuk mempelajari security dan reverse engineering? Selain membantu untuk membuat dunia maya yang lebih baik, kalian akan dihargai sebagai ahli IT dengan imbalan yang tidak sedikit. (jack/lsc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here