Inilah Kontribusi Microsoft untuk Open Source

317

Inilah Kontribusi Microsoft untuk Open Source. Banyak orang yang baru mengenal open source atau baru hijrah ke GNU/Linux mendadak anti dengan semua produk microsoft. Mereka menganggap eksistensi Microsoft adalah musuh dari open source. Tapi benarkah demikian? Apakah Microsoft benar-benar anti dengan open source? Kita akan membahasnya disini.

Semarak “Microsoft Love Linux” memang sudah ramai diperbincangkan dalam beberapa tahun terakhir (atau lebih tepatnya sejak 2015) semenjak Microsoft dapat dijalankan di VM Linux. Langkah tersebut kemudian diikuti langkah-langkah lain yang menjadi bukti bahwa Microsoft dan Open Source dapat berjalan beriringan.

Dan disini saya akan membahas, beberapa “langkah besar” ataupun kontribusi besar Microsoft untuk komunitas open source.

Mengakuisisi GitHub yang merupakan Platform untuk Proyek Open Source

Langkah Microsoft mengakuisisi GitHub beberapa waktu lalu sempat mendapat cibiran dari beberapa penggiat open source. Mereka khawatir dengan adanya akuisisi tersebut, GitHub malah nantinya menjadi tempat eksklusif yang untuk menikmati fiturnya harus bayar dulu. Bahkan hanya beberapa jam seteah proses akuisisi selesai, banyak pengembang yang memindahkan kode project nya ke GitLab.

Namun ternyata apa yang ditakutnya tidak terjadi, GitHub tetap gratis untuk semua orang, bahkan fitur yang sebelumnya berbayar pun (fitur private repository) dibuat gratis hanya beberapa bulan setelah Microsoft mengakuisisi GitHub.

Memiliki Banyak Karyawan yang Berkontribusi untuk Open Source

Salahsatu artikel menyebutkan dalam survey yang dilakukan pada 4,300 developer, 56%-nya mengatakan bahwa Google berkontribusi lebih banyak di bidang open source. Tidak heran, karena Google adalah kontributor besar untuk open source, dan telah bertahun-tahun. Dari Google Summer of Code hingga kontribusinya ke MySQL dan sejumlah proyek lainnya, Google telah menjadi kontributor aktif. Namun, menurut data dari GitHub, Microsoft menyumbang dua kali lebih banyak dari Google, untuk kategori karyawan yang aktif berkontribusi di GitHub.

Referensi:

  • https://www.infoworld.com/article/3253948/who-really-contributes-to-open-source.html

Merupakan Member Platinum Linux Foundation

Bersanding dengan perusahaan besar lainnya seperti IBM, Intel, Oracle, dll, Microsoft menjadi bagian dari member platinum yang menyokong The Linux Foundation.

Opensource-kan 60.000 Paten untuk Membantu Komunitas Linux

Pada tahun 2018, Microsoft bergabung dengan Open Invention Network (“OIN”), sebuah kelompok sumber terbuka yang didedikasikan untuk melindungi Linux dan program perangkat lunak sumber terbuka lainnya dari masalah hukum paten.

Lebih dari 60.000 paten yang diterbitkan oleh Microsoft secara terbuka dan tersedia untuk anggota OIN lainnya. Microsoft memposisikan langkahnya untuk menunjukkan bahwa ia tidak memiliki niat untuk menggunakan paten sebagai senjata melawan perangkat lunak bebas apa pun, di luar perangkat lunak bebas yang merupakan bagian dari daftar khusus OIN.

Hadirkan Kernel Linux di Windows 10

Kemesraan Microsoft dan Linux memang sangat terlihat dalam beberapa tahun terakhir seperti dengan menghadirkan bash shell di WIndows, menghadirkan OpenSSH native di Windows, hingga memasukkan Ubuntu di Windows Store. Dan yang terbaru, Microsoft berencana menghadirkan kernel linux pada sistem Windows 10 melalui Windows Subsystem for Linux versi 2.

Oke mungkin itu adalah beberapa jasa dari Microsoft untuk komunitas open source. Masihkan ada yang “membenci” dan menganggap bahwa Microsoft anti dengan open source setelah mengetahui beberapa fakta diatas? (yuyudhn/linuxsec)