Ekstensi Domain .dev Telah Tersedia, Cocok Buat Kamu para Developer

221

Ekstensi Domain .dev Telah Tersedia, Cocok Buat Kamu para Developer. Kabar tentang domain .dev ini sebenarnya sudah sejak awal 2018 lalu. Dan antusiasme atau respon pun luar biasa, banyak yang sudah tak sabar menunggu kapan domain dari Google ini tersedia untuk publik.

Pada bulan Januari 2019 pun sudah dirilis early access untuk mendapatkan domain .dev bagi para pemilik hak cipta, untuk mendaftarkan domain .dev mereka. Pada Bulan Februari tanggal 19 sampai 28 periode early access dibuka untuk umum, dengan biaya ekstra jika kalian mendaftar pada periode tersebut. Namun tentu saja pilihan domain yang akan didapat lebih leluasa, tanpa khawatir domain yang ingin kalian miliki sudah didaftarkan oleh orang lain.

Baca Juga  Richard Stallman Mengundurkan Diri dari Free Software Foundation dan MIT

Dan sejak 28 Februari lalu, akhirnya domain .dev ini tersedia untuk umum dengan harga normal.

Harganya pun cukup terjangkau. di Namecheap, domain .dev harganya adalah $14.98 per tahun, dengan biaya perpanjangan $16.98. Selain di Namecheap, kalian bisa mendaftarkan domain .dev di registrar favorit kalian. Berikut registrar yang sudah menyediakan pendaftaran domain .dev

Baca Juga  Protokol HTTP-over-QUIC Kini Resmi Bernama Protokol HTTP/3

Secara default, domain .dev ini lebih aman karena pemilik domain .dev diharuskan menggunakan HTTPS di domain mereka. Hal ini untuk melindungi situsmu dari malware maupun ads injection yang biasa dilakukan oleh provider internet yang kalian gunakan. Contohnya:

Ayo tunggu apalagi? Buat kamu para developer dan ingin memiliki domain berekstensi .dev untuk komunitas, project, atau bahkan untuk website personal, segera dapatkan domain .dev di registrar favoritmu sekarang juga. (yuyudhn/linuxsec)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here