Santiago Lopez, Pemuda 19 Tahun yang Berhasil Kumpulkan Rp 14 Miliar dari Bug Bounty

144

Santiago Lopez, Pemuda 19 Tahun yang Berhasil Kumpulkan Rp 14 Miliar dari Bug Bounty. Kisah inspiratif dari para pemain bug bounty selalu datang. Kali ini, kisah inspiratif datang dari Santiago Lopez, pemuda yang tercatat sebagai orang pertama yang berhasil mengumpulkan lebih dari satu juta dollar atau sekitar Rp 14 Miliar dari platform bug bounty HackerOne.

Di usianya yang baru 19 tahun, pemuda asal Argentina tersebut tercatat menjadi orang pertama yang menghasilkan 1 juta dollar secara legal dari kegiatan hacking. Menurut catatan di HackerOne, ia berhasil menemukan lebih dari 1600 bug dan melaporkannya lewat platform tersebut, membantu agar internet lebih aman. Dari 1600+ bug tersebut, ada nama perusahaan besar antara lain Verizon, Automattic, Twitter, HackerOne, dan juga situs US government.

Baca juga:

Dia mulai tertarik dengan dunia hacking pada tahun 2015, yangmana saat itu usianya baru 16 tahun. Uniknya, dia mempelajari semua itu lewat otodidak. Internet adalah “guru”-nya, dimana ia mempelajari bagaimana cara meretas lewat video maupun artikel tutorial yang ia temukan.

Berhasil Menghasilkan 1 Juta Dollar dalam Dua Tahun

Setahun kemudian, reward pertamanya ia dapatkan dari laporan valid mengenai bug CSRF. Reward pertamanya tersebut adalah $50. Dan reward tertingginya adalah $9000 dari bug SSRF.

Ia menggunakan uang tersebut untuk membeli komputer baru, agar lebih menunjang kegiatannya. Dan setelah uang yang ia dapatkan terus bertambah, ia kemudian membeli mobil.

Dengan skill hacker yang dimilikinya, Santi mengaku tidak ingin terlihat seperti hacker seperti yang ada di film.
“aku tidak ingin terlihat seperti tipikal hacker pada film, berambut gondrong dan berkacamata. Aku ingin terlihat seperti orang normal, meskipun aku adalah hacker”, ujarnya dalam wawancara dengan BBC.

Dilansir dari video wawancaranya di BBC, ia mengaku bug bounty menyelamatkannya dari “jalan yang salah”. Banyak pemula yang ingin belajar hacking karena ingin melakukan perbuatan ilegal dan melanggar hukum, dan pada awalnya Santi pun demikian. Kemudian dia mengenal bug bounty, yang kemudian menyelamatkannya.
i like hacking and i like money. so it’s a great combination.” pungkasnya. (yuyudhn/linuxsec)

Referensi:

  • https://www.bbc.com/news/av/technology-47407609/how-one-teenager-is-making-millions-by-hacking-legally
  • https://hackerone.com/try_to_hack
  • https://www.bleepingcomputer.com/news/security/first-hacker-millionaire-on-hackerone/