Beberapa Server Pemerintah dan Akademik Sempat Terkena WannaCRY

1826

Masih seputar ransomware yang fenomenal yakni WannaCRY. Selain menyerang dua instansi rumahsakit seperti yang dilaporkan, ternyata server milik Universitas Jember, Universitas Pancasila, dan Pemprov Jatim sempat terkena ransomware ini.

Lebih tepatnya adalah server UPT P2BJ Jawa Timur di alamat p2bj.jatimprov.go.id, LPPM Universitas Pancasila di alamat ppm.univpancasila.ac.id, dan FTP UNEJ di alamat student.ftp.unej.ac.id. Ketiga server tersebut memang menggunakan Windows Server yang kemungkinan memiliki celah SMB Exploit.

Baca Juga  Kominfo Himbau Masyarakat Waspadai WannaCRY Ransomware

Saat berita ini ditulis, server milik Pemprov Jatim dan Univ Pancasila sudah kembali normal, namun server milik Univ Jember tidak dapat diakses. Kemngkinan sengaja dimatikan oleh admin website untuk mencegah ransomware merembet ke server lain di satu jaringan. Namun saat kalian mencari di Google cache nya masih ada, ditandai dengan semua file di server tersebut berakhiran dengan .WNCRY .

Baca Juga  Varian Baru Ransomware Virobot Dilengkapi dengan Botnet

Hal ini tentu bisa jadi pelajaran buat semua bahwa keamanan sangatlah penting. Terutama jika itu berhubungan dengan kegiatan online, terlebih sebuah server. Atau alangkah baiknya menggunakan server linux, karena tentu lebih aman dan lebih stabil. (jack/lsc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here