Situs Quora Diretas, 100 Juta Data Pengguna Dicuri

Situs Quora Diretas, 100 Juta Data Pengguna Dicuri – Situs tanya jawab populer Quora mengumumkan bahwa telah terjadi peretasan dan pencurian data di situs mereka yang dilakukan oleh seorang hacker tak dikenal. Imbasnya, sekitar 100 juta data pengguna situs tersebut juga berpotensi dicuri.

Quora mengumumkan insiden itu Senin malam setelah timnya Jumat lalu menemukan bahwa ada pihak ketiga yang tidak dikenal berhasil mendapatkan akses tidak sah ke salah satu sistemnya dan mencuri data sekitar 100 juta pengguna, hampir setengah dari seluruh basis pengguna situs Quora.

Menurut Adam D’Angelo, chief executive officer dan salah satu pendiri Quora, informasi pribadi pengguna yang berhasil dicuri tersebut termasuk data sensitif berupa direct message pengguna, email pengguna, dan password (dalam bentuk hash).

Saat ini belum diketahui bagaimana penyerang memperoleh akses ke sistem mereka. Quora sendiri telah mulai mengirim email kepada pengguna yang terkena dampak pelanggaran ini.

Selain informasi yang didapat via email, pihak Quora sendiri juga terus meng-update perkembangan tentang data breach ini di halaman FAQ mereka. Kalian yang merasa khawatir dan penasaran disarankan untuk membaca FAQ pembaruan keamanan.

Meskipun kata sandi dienkripsi, perusahaan menambahkan bahwa secara umum merupakan praktik terbaik untuk tidak menggunakan kembali kata sandi yang sama di beberapa layanan atau situs, dan disarankan agar kalian mengupdate kata sandi jika kebetulan menggunakan sandi yang sama di banyak situs. (yuyudhn/linuxsec)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here