Database Tokopedia Bocor, 15 Juta Data Pengguna Disebar di Forum Online

15034

Database Tokopedia Bocor, 15 Juta Data Pengguna Dijual di Forum Online. Baru-baru ini kabar buruk menimpa salahsatu marketplace terbesar di Indonesia, Tokopedia. Belasan juta data pengguna diduga bocor dan disebar di forum hacking online.

Kasus data breach ini pertama kali diungkap di akun Twitter @underthebreach. Akun tersebut mengupload screenshot data pribadi pengguna Tokopedia termasuk nama, email, password, dan data sensitif lainnya.

Baca Juga  Identitas Hacker yang Menjual Database LinkedIn dan Dropbox Terungkap!

Peretasan terjadi pada Maret 2020 dan ada sekitar 15.000.000 data pengguna yang berhasil di dump serta dipublish secara online. Pelaku peretasan sendiri juga menambahkan bahwa ada lebih banyak data yang berhasil dikoleksi selain data diatas.

Baca Juga  Hacker Curi 7.5TB Data Rahasia dari Badan Intelijen Rusia

Belum ada konfirmasi resmi dari pihak Tokopedia mengenai kasus data breach yang melibatkan jutaan data pribadi penggunanya tersebut.

Untuk saat ini, langkah terbaik bagi kalian para pengguna Tokopedia adalah dengan mengganti password akun Tokopedia dan juga akun online lain yang memiliki password serupa dengan akun Tokopedia kalian. (yuyudhn/linuxsec)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here