Inilah Codename dan Jadwal Rilis Ubuntu 20.04 LTS

145

Inilah Codename dan Jadwal Rilis Ubuntu 20.04 LTS. Pada tanggal 17 Oktober 2019 kemarin Ubuntu 19.10 Eoan Ermine dirilis. Saya sendiri merupakan pengguna versi LTS jadi tidak terlalu menunggu perilisan Eoan Ermine. Nah, setelah perilisan Ubuntu 19.10 nampaknya pengembang mulai lebih berfokus pada pengembangan Ubuntu 20.04 LTS. Codename dan juga jadwal perilisannya pun sudah terungkap.

Codename Ubuntu 20.04 LTS Focal Fossa

Codename Ubuntu 20.04 memang sudah diprediksi bakal memakai awalan F karena di rilisan versi sebelumnya, yakni Ubuntu 19.10 menggunakan awalan E (Eoan Ermine). Bagi yang belum tau, codename untuk setiap perilisan Ubuntu selalu berurutan sesuai abjad.

Ini bukan kali pertama Ubuntu menggunakan codename dengan inisial FF. Ubuntu pernah menggunakan inisial FF sebelumnya dengan Feisty Fawn (Ubuntu 7.04).

Definisi Focal sendiri adalah kata sifat yang terkait dengan pusat atau bagian paling penting. Sementara Fossa menurut Wikipedia adalah karnivora mamalia endemik di Madagaskar. Hewan ini adalah anggota dari Eupleridae, sebuah keluarga dari carnivorans berkaitan erat dengan keluarga luwak. Klasifikasi hewan ini kontroversial karena ciri-ciri fisik menyerupai keluarga kucing, namun sifat-sifat lainnya menunjukkan hubungan yang dekat dengan viverrids.

Baca juga:

Jadwal Perilisan Ubuntu 20.04 LTS

Menurut halaman wiki Ubuntu, jadwal rilis Ubuntu 20.04 LTS adalah 23 April 2020 dengan diawali perilisan versi RC pada tanggal 16 April 2020.

Dan karena ini adalah versi LTS yang mengutamakan stabilitas, prediktabilitas, dan keandalan, kemungkinan besar tidak akan ada ada banyak perubahan fitur dari Ubuntu 19.10. (yuyudhn/linuxsec)