Imbas dari Perkataan Bos Big Blue Taxi, Hacker Indonesia Mulai Lakukan Peretasan terhadap Situs Malaysia

10655

Imbas dari Perkataan Bos Big Blue Taxi, Hacker Indonesia Mulai Lakukan Peretasan terhadap Situs Malaysia. Dalam sepekan terakhir ramai diperbincangkan oleh netizen Indonesia mengenai komentar kurang mengenakkan dari bos perusahaan taksi Big Blue asal Malaysia yang menolak Gojek masuk Malaysia, dan mengatakan bahwa Indonesia adalah negara miskin. Pernyataan tersebut mengundang reaksi netizen, tak sedikit yang sampai mengucapkan sumpah serapah dan mengutuk bos taksi tersebut. Akun Instagram, Facebook serta WhatsApp milik bos taksi tersebut ramai “diserang” oleh netizen maupun driver Gojek yang merasa tersinggung.

Nampaknya, reaksi juga datang dari kalangan underground. Beberapa hacker atau peretas mulai melakukan aksi defacing terhadap situs-situs Malaysia. Domain-domain berekstensi .my mulai jadi sasaran.

Salahsatunya adalah situs plotmedia.com.my. Halaman depan situs tersebut berubah setelah peretas dengan codename Br0k3n-H0m3 mengubah halaman depan situs terkait dengan pesan yang ditujukan kepada Malaysia:

Gojek masuk negara kau itu untuk membantu orang” tidak mampu, jangan sok kaya kau p*ntek, Jangan ngaku negara kaya kalo masi suka maling budaya!

Peretas lain dengan codename rizky07 dan hamil7 juga melakukan aksi yang sama. Mereka meretas website kerissepakat.com.my. Pesan yang ditampilkan pada halaman depan situs juga mirip dengan pesan yang ditinggalkan oleh Br0k3n-H0m3 pada website plotmedia.com.my.

Sampai saat ini situs-situs tersebut belum diperbaiki. Namun untuk mirrornya bisa kalian cek melalui link berikut:

  • https://web.archive.org/web/20190828170754/http://plotmedia.com.my/
  • https://web.archive.org/web/20190828170847/http://online.plotmedia.com.my/
  • https://web.archive.org/web/20190828170919/http://support.plotmedia.com.my/
  • https://web.archive.org/web/20190828173738/http://kerissepakat.com.my/

Sebagai tambahan saja, saat ini pendiri dan CEO Big Blue Taxi Shamsubahrin Ismail sudah meminta maaf kepada publik setelah pernyataannya soal Indonesia miskin viral di tanah air dan dianggap meremehkan profesi driver Gojek dan Indonesia. (yuyudhn/linuxsec)