Stack Overflow Bantu Lebih Dari Sejuta Orang Bagaimana Keluar Dari Vim Editor

827

Stack Overflow Bantu Lebih Dari Sejuta Orang Bagaimana Keluar Dari Vim Editor – Saat kalian mendengar Stack Overflow tentu yang terlintas adalah situs diskusi online yang membahas segala macam hal. Dan memang begitulah kenyataannya. Saat kalian mencari cara memperbaiki error di aplikasi Windows, kalian pasti diarahkan ke jawaban terbaik di Stack Overflow, saat kalian mencari kesalahan error pada coding, kalian juga akan diarahkan ke Stack Overflow. Namun yang menarik, pertanyaan How to exit the Vim editor? baru saja menembus angka satu juta view yang artinya sudah ada sejuta orang yang mencari jawaban mengenai cara bagaimana keluar dari Vim Editor di situs tersebut.

How to exit the Vim editor?

Saat artikel ini dibuat, pertanyaan yang dibuat sekitar lima tahun lalu tersebut sudah mencapai 1021148 views. Mungkin banyak bercandaan diantara pengguna GNU/Linux bahwa tidak bisa keluar dari Vim Editor adalah hal yang lucu. Namun dengan fakta diatas bahwa ada sejuta orang yang stuck dan tidak dapat keluar dari vim editor tanpa bantuan mungkin hal tersebut tidak akan membuatmu malu lagi jika kamu termasuk orang dalam angka satu juta tersebut.

Memang vim dianggap editor yang “rumit” bahkan di beberapa komunitas kalian akan melihat candaan bagaimana cara menguasai vim adalah dengan menghapus file vim di direktori /user/bin dan mengganti vim dengan syimlink dari editor nano.

Menurut data yang saya lansir dari Blog Stack Overflow, pada satu tahun terakhir, “how to exit vim” telah menghasilkan sekitar 0,005% lalu lintas pertanyaan: yaitu satu dari setiap 20.000 kunjungan ke Stack Overflow. Itu berarti pada jam puncak lalu lintas di hari kerja, ada sekitar 80 orang per jam yang membutuhkan bantuan untuk keluar dari Vim.

Stack Overflow

Pertanyaan yang diajukan pada 2012 tersebut awalnya hanya mendapat sedikit view yang kemudian melonjak di dua tahun berikutnya. Kemungkinan dikarenakan naiknya posisi pertanyaan tersebut di mesin pencari seperti Google.

Dan fakta menarik lainnya, Indonesia termasuk penyumbang visitor terbanyak setelah Ukraina dan Turki.

Stack Overflow

Seperti yang terlihat diatas, Ukraina, Turki, dan Indonesia menempati tiga besar negara yang stuck dengan cara keluar dari Vim Editor. Berbanding terbalik dengan Jepang, Cina, dan Korea dimana jumlah mereka hanya “menyumbang” 10% trafik ke pertanyaan “how to quit vim”. Hal tersebut mengindikasikan saat mereka menggunakan vim, mereka benar benar tau bagaimana cara menggunakannya dan bagaimana ara keluar dari vim editor.

Bagaimana menurutmu? Stack Overflow telah membuktikan jasanya dengan menolong orang yang tidak tau bagaimana cara keluar dari Vim dan mungkin pertanyaan pertanyaan sederhana lainnya. Jika kamu ingin berkontribusi kamu jugabisa register dan ikut menjawab pertanyaan yang diajukan. (jack/lsc)