BugHunter ID, Komunitas untuk Pemburu Bug Bounty Indonesia

2115

BugHunter ID, Komunitas untuk Pemburu Bug Bounty Indonesia – Saat ini pemain bug bounty di Indonesia sudah lumayan berkembang. Mereka sadar bahwa lebih baik memanfaatkan skill mereka dengan lebih baik karena selain untuk mengasah skill dan juga menambah pengalaman, tidak jarang perusahaan akan membayar mahal atas celah yang ditemukan oleh seoran bug hunter. 

Bug bounty program adalah suatu program pencarian bug / celah keamanan pada suatu website/aplikasi yang diselenggarakan oleh suatu perusahaan, dimana “hacker” yang berhasil menemukan dan melalui proses validasi akan diberikan sebuah reward baik berupa sertifikat, hall of fame, hingga berupa uang.

Beberapa waktu lalu seorang bug hunter dari Indonesia mendapat apresiasi setelah menemukan celah di situs NASA, dan ada juga yang mendapatkan reward setelah menemukan celah di Google.

Menyadari banyaknya bug hunter tanah air, muncul BugHunter ID yang dipelopori oleh Eka Syahwan. BugHunter ID sendiri ditujukan untuk mengumpulkan para bug hunter di Indonesia. Mereka juga mengajak siapa saja yang memiliki kemampuan atau skill dan mungkin saat ini masih menyalahgunakan kemampuannya untuk hal negatif atau kegiatan ilegal untuk bergabung ke BugHunter ID agar skill mereka dapat berguna ke arah yang lebih baik.

Untuk saat ini baik komunitas maupun website BugHunter ID masih dalam pengembangan. Kedepannya bakal tersedia juga public write up dari para bug hunter asal Indonesia di situs resmi BugHunter ID.

BugHunter ID juga membuka peluang kerjasama dengan perusahaan yang ingin mengundang pereka ke program private bug bounty. bagi yang terkarik bisa kirim email ke [email protected].

Bergabung dengan BugHunter ID

Bagi kalian yang tertarik dengan BugHunter ID bisa join melalui link berikut

Gabung BugHunter ID

Syaratnya adalah kalian memiliki akun GitHub karena selanjutnya kalian akan diundang ke organisasi BugHunter ID di GitHub.