Home Indonesia Kembali Beraksi, Gantengers Crew Retas Domain Utama CNN Indonesia

Kembali Beraksi, Gantengers Crew Retas Domain Utama CNN Indonesia

0
SHARE
Selain KONSLET, salahsatu defacer yang juga hobi “menyambangi” web besar adalah h3ll_id, salahsatu anggota dari Gantengers Crew. Kita tenu tidak pernah lupa saat pertamakali kodenama itu terdengar dan langsung membuat gebrakan dengan meretas situs penjaga internet Indonesia ID-SIRTII, dilanjutkan dengan beberapa waktu lalu meretas domain utama Garuda Indonesia, kali ini hacker dengan kodenama yang sama kembali beraksi dengan meretas situs cnnindonesia.com .

 

CNN Indonesia adalah sebuah stasiun televisi dan situs berita milik Trans Media bekerjasama dengan Turner International. Saluran ini disiarkan pertama kalinya pada Senin, 17 Agustus 2015. Peluncuran utamanya berlangsung sejak 15 Desember 2015 dalam rangka memperingati ulang tahun Trans Media yang ke 14.
Bersiaran dalam Bahasa Indonesia dari studio Trans Media, saluran CNN Indonesia menyajikan konten lokal dan internasional, dengan fokus pada berita umum, bisnis, olahraga, teknologi dan hiburan. Sementara itu, situs berita CNNIndonesia.com telah diluncurkan pada 20 Oktober 2014 dengan Yusuf Arifin sebagai pemimpin redaksi.

Pelaku memang tidak mengubah secara frontal halaman depan situs. Sepertinya dia hanya menambahkan sebuah post di alamat :
https://www.cnnindonesia.com/laporanmendalam/nasional/20170130/back/index.php .
Namun itu sudah cukup membuktikan bahwa dia berhasil masuk ke halaman admin CNN secara ilegal.
Berikut pesan yang ditinggalkan pelaku :

Hacked by h3ll_id – GantengersCrew xD
Indonesian h4x0r back!!!
lamer dimana kamu?

Untuk motifnya belum diketahui, namun dilihat dari pesan yang ditinggalkan nampaknya dia sedikit “menyindir” defacer defacer lain yang sering show off hasil deface nya secara random.
Sampai berita ini dirilis belum ada perbaikan dari situs terkait. Namun kalian juga bisa melihat mirrornya disini :
http://zone-h.org/mirror/id/28479814

Yah semoga kejadian ini bisa menjadi pelajaran bagi semua sysadmin, bahwa tidak ada sistem yang benar benar aman. Mengingat situs sebesar CNN Indonesia masih berhasil ditembus. (jack/lsc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here