Cloudflare Ikut Ramaikan Persaingan Domain Registrar

Cloudflare Ikut Ramaikan Persaingan Domain Registrar – Cloudflare, Inc. adalah perusahaan AS yang menyediakan layanan jaringan pengiriman konten, mitigasi DDoS, keamanan Internet, dan layanan nameserver domain terdistribusi, yang berada di antara pengunjung dan penyedia hosting pengguna Cloudflare, bertindak sebagai proxy terbalik untuk situs web. Nah kabar gembiranya, saat ini selain menyediakan layanan yang telah disebut diatas, Cloudflare juga menjadi registrar domain.

Sebelumnya, Cloudflare memang sudah bertindak sebagai registrar untuk klien perusahaan mereka, tetapi sekarang telah memperluas layanan mereka sehingga semua pelanggan mereka dapat menggunakannya untuk mendaftarkan domain baru atau mengelola yang sudah ada.

Menurut Matthew Prince, pendiri dan CEO Cloudflare dalam sebuah postingan blog awalnya ia terkejut dengan banyaknya registrar yang “menipu” konsumen dengan biaya tambahan (hidden fee) saat menggunakan layanan mereka. Ambil contoh di halaman harga domain tertera harga $8, namun saat pembayaran ada biaya administrasi sebesar $1 yang dibebankan.

“Kami menyadari bahwa satu hal yang dibutuhkan setiap pelanggan Cloudflare adalah domain, jadi mereka membutuhkan registrar yang dapat mereka percayai. Dengan Cloudflare Registrar, kami berjanji untuk menawarkan kepada pelanggan kami praktik keamanan terbaik dengan harga terbaik. Tujuan kami adalah menjadi registrar domain pertama yang akan kalian sukai.”

Sebagai registrar, untuk setiap domain yang terdaftar, Cloudflare harus membayar harga kepada perusahaan yang mengelola TLD tertentu. Misalnya, ketika seseorang menggunakan Cloudflare untuk mendaftarkan domain .com, Cloudflare membayar Verisign, yang mengelola TLD .com sebesar $ 7.85 ditambah biaya ICANN sebesar $ 0.18. maka biaya total yang akan dibayar menjadi $ 8.03. Dan harga itulah yang akan dipasang di halaman daftar harga domain di Registrar Cloudflare.

Sementara sebagian besar registrar domain menambahkan biaya tambahan untuk menghasilkan keuntungan, Cloudflare telah menyatakan bahwa mereka hanya akan membebankan pelanggan apa yang harus mereka bayar sendiri. Jadi jika mereka harus membayar $ 8.03 untuk sebuah domain, hanya nominal itulah yang harus dibayar.

Cloudflare telah merilis biaya untuk mendaftarkan domain .com, .net, .info, dan .org. Domain .com akan berharga $ 8.03, .net akan berharga $ 9.95, .info akan berharga $ 11.02, dan .org akan berharga $ 10.11.

harga domain di Cloudflare Registrar

Saat artikel ini ditulis, Cloudflare Registrar memang belum bisa diakses. Kalian harus mendaftar early access lewat dashboard Cloudflaremu.

Early Access Cloudflare Registrar

Ya semoga saja dengan adanya Cloudflare Registrar menjadi kabar baik bagi para pengguna Cloudflare. Dan semoga saja akan lebih banyak free stuff bagi pengguna Cloudflare yang mendaftarkan domainnya di Cloudflare Registrar. (yuyudhn/linuxsec)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here