Home Deface Setelah Telkomsel, Kini Situs AXIS Dijahili Hacker

Setelah Telkomsel, Kini Situs AXIS Dijahili Hacker

2894
2
SHARE

Beberapa waktu lalu situs salahsatu provider internet di Indonesia yaitu Telkomsel diretas oleh hacker yang memprotes mahalnya harga kuota internet. Kali ini kasus peretasan kembali menimpa provider internet Indonesia. Sekelompok hacker meretas domain AXIS Telekom di alamat www.axisnet.id.

Peretasan yang mengincar provider internet memang sering terjadi akhir akhir ini. Setelah Telkomsel, diikuti dengan Telkom dan Indosat, kali ini AXIS.

Tidak ada pesan khusus yang ditinggalkan pelaku peretasan. Hanya beberapa nama atau nickname yang terpampang di halaman depan situs axisnet.id.

4prili666h05T – Mr.3RR0R – ./Mr.AdsJr404 – Mr.Aljabar – Alternation – Exect1337 – MR.WWW – BabyGhost

Motifnya pun kemungkinan hanya iseng atau agar nama nya dikenal. Saat berita ini dirilis web AXIS sudah dapat diakses kembali. Namun di beberapa device kemungkinan masih dalam keadaan terdeface karena cache / nameserver yang belum resolve karena sempat berubah.

Untuk mirror nya bisa kalian lihat disini :

http://zone-h.org/mirror/id/29408671

Update :

Karena ada saran dari pihak AXIS saya akan menambahkan beberapa informasi penting. Bahwa teknik yang digunakan dalam kasus peretasan axisnet.id ini adalah dns hijacking via social engineering. Dimana pelaku peretasan “menipu” pihak registrar dengan mengaku sebagai pemilik domain dan menyuruh pihak registrar untuk mengubah nameserver domain axisnet.id ke nameserver milik pelaku. Disini kesalahan bukan berada di pihak pengelola server axisnet.id karena faktanya server “asli” milik axisnet.id tidak tersentuh melainkan kesalahan di pihak registrar domain.

Sekian berita maam hari ini, selamat beristirahat. (jack/lsc)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY